TP PKK se-Kabupaten Solok Selatan Study Banding di Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 15 November 2018 22:16:12 WITA

Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga sebagai bagian untuk pembangunan nasional tentang strategi pelaksanaan 10 program pokok PKK, Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan study banding dan sharing informasi di Desa Sepang. Pengelolaan UP2K adalah tema yang ingin digali dalam study banding kali ini, dimana hal ini tidak terlepas dari keberhasilan TP PKK Desa Sepang meraih penghargaan Pakarti Utama II Tingkat Nasional Pelaksana Terbaik PKK KKBPK-Kesehatan Kategori Kabupaten Tahun 2018 beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Tim Penggerak PKK Desa Sepang Terima Penghargaan Pakarti Utama II Tingkat Nasional

Rombongan TP PKK se-Kabupaten Solok Selatan yang berjumlah 45 orang terdiri dari Assisten III Setda Kabupaten Solok Selatan yang mewakili Setda Kabupaten Solok Selatan, dan Ketua TP PKK Kabupaten Solok Selatan bersama TP PKK se-Kabupaten Solok Selatan tiba di Kantor Perbekel Sepang sekitar pukul 11.00 Wita, Jumat (15/11) siang.

Kedatangan rombongan ini disambut langsung oleh Perbekel Sepang I Putu Agung Mahardika didampingi Ketua TP PKK Desa Sepang Ny. Merta Dewi Agung Mahardika. Selain itu, nampak hadir pula Ketua Poja IV TP PKK Kabupaten Buleleng bersama beberapa pengurus mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kasi PKK, dan Ketua TP PKK Kecamatan Busungbiu. Tuan rumah sendiri hadir beberapa stakehorders Desa Sepang diantaranya Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ketua dan Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pengurus Inti TP PKK Desa Sepang, dan Perangkat Pemerintah Desa Sepang. Untuk keamanan sendiri melibatkan Bhabinkamtibmas dan Linmas Desa Sepang.

Dalam sambutan selamat datangnya, Perbekel Sepang I Putu Agung Mahardika mengungkapkan rasa terimakasih dan sebuah kehormatan bagi Desa Sepang dimana ini untuk kali pertama TP PKK Desa Sepang menerima kunjungan study banding semacam ini. Perbekel menambahkan, bahwasanya kunjungan semacam ini adalah sebuah motivasi bagi jajarannya bahwa ternyata Desa Sepang telah diperhatikan keberadaannya oleh berbagai pihak, salah satunya TP PKK Kabupaten Solok Selatan yang notabene lokasinya sangat jauh dari Desa Sepang sendiri.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Solok Selatan menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan hangat yang telah diterimanya. Ia mengungkapkan bahwasanya terlihat dengan jelas sebuah kerjasama yang baik antar Desa, Kecamatan dan Kabupaten yang semua itu ingin diimplementasikan di daerahnya.

Setelah melakukan beberapa sharing informasi di Sekretariat TP PKK Desa Sepang, rombongan segera melanjutkan agenda study banding menuju UP2K Pengolahan Susu Kambing Etawa yang berlokasi di Kelompok Dayang, Banjar Dinas Belulang, Desa Sepang. Disini rombongan disambut hangat oleh Ketua Kelompok Sumber Rejeki Ir. I Wayan Wardana didampingi Ny. Mawini Wardana. Kelompok Sumber Rejeki ini merupakan sentra pengolahan susu kambing jenis etawa, dimana produk-produk yang dihasilkannya pun telah mendapat pasar tersendiri di berbagai kalangan. Oleh keduanya (Wardana dan Mawini), dijelaskannya beberapa produk hasil pengolahan susu kambing etawa ini diantaranya produk jenis sabun, stik, lotion dan sebagainya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar