Sosialisasi Kepesertaan JKN Oleh BPJS Cabang Singaraja.

I Gede Juliana 30 Mei 2022 09:44:52 WITA

Bertempat di Ruang Rapat Lantai III Kantor BPJS Kabupaten Buleleng telah diadakan pertemuan rapat yang bertajuk Sosialisasi Kepesertaan JKN Oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Buleleng, telah hadir juga Kasi Kesra beserta Staff Operator dari beberapa desa. Sepang 25/05/2022.

Acara Sosialisasi ini di buka oleh Petugas BPJS Buleleng (Gus Wira) sekaligus sebagai narasumber,  dalam sambutannya berterimakasih kepada peserta undangan rapat yang sudah sempat hadir pada pertemuan ini, di mana pada pertemuan ini bertujuan nantinya Petugas Desa bisa memberikan penjelasan serta Informasi serta Edukasi kepada masyarakat terkait JKN Kesehatan.

Selanjutnya memasuki acara inti yakni  pemaparan  mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan, yang terbagi dalam 2 kategori, yakni Bukan Penerima Bantuan Iuran dan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Yang termasuk kategori Bukan PBI adalah Pekerja Penerima Upah termasuk PNS, Pekerja Bukan Penerima Upah, dan Bukan Pekerja. Sedangkan yang termasuk kategori PBI adalah fakir miskin dan orang tidak mampu. "PNS yang telah terdaftar sebagai peserta Askes secara otomatis menjadi peserta BPJS Kesehatan Kartu peserta Askes sampai sekarang masih berlaku dan tidak perlu melakukan penggantian kartu.

Dalam pemaparan materi, narasumber menyampaikan bahwa penigkatan layanan kepada seluruh peserta JKN-KIS dengan menghadirkan kanal-kanal layanan digital seperti Mobile JKN, CHIKA, BPJS Kesehatan Care Center 165, PANDAWA hingga melalui media sosial resmi BPJS Kesehatan. Kanal-kanal layanan tersebut dapat memberikan pelayanan secara simplifikasi dalam bentuk kemudahan proses pendaftaran, perubahan data, pembayaran iuran, pelayanan informasi, serta pengaduan.

BPJS Kesehatan juga telah melakukan  simplifikasi proses layanan di fasilitas kesehatan yang meliputi penerapan sistem antrean online, pemanfaatan NIK untuk proses administrasi peserta, simplifikasi layanan hemodialisis dan thalassemia mayor hingga meningkatkan kualitas layanan Program JKN-KIS melalui penguatan sinergi bersama fasilitas kesehatan, tenaga medis, dan stakeholders lainnya.

“Bahkan, kini proses pengecekan status keaktifan kepesertaan peserta JKN-KIS atau mencetak kartu JKN-KIS Digital hanya perlu waktu kurang dari 5 menit,” ucapnya Gus Wira.

Seusai pemaparan dari narasumber, acara sosialisasi dilanjutkan dengan tanya jawab, Sesi tanya jawab berjalan dengan sangat menarik dan hidup, banyak peserta yang bertanya baik yang mengalami permasalahan terkait pelayanan BPJS Kesehatan maupun pertanyaan lain seputar BPJS Kesehatan, dan acara sosialisasi ditutup kembali oleh Petugas.

Komentar atas Sosialisasi Kepesertaan JKN Oleh BPJS Cabang Singaraja.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar