Perbekel Sepang Dan Perangkat Merayakan Hari Raya Tumpek Wariga

I Gede Juliana 18 Mei 2022 13:52:20 WITA

Tumpek Wariga merupakan awal dari rangkaian Hari Raya Galungan. Umat Hindu melakukan sujud sembahbhakti kehadapan-Nya karena berkat rahmat dan anugerah Beliaulah yang menguasai ciptaannya, tumbuh-tumbuhan ada dan dimanfaatkan oleh umat Hindu. Mengenai Tumpek Wariga dilaksanakan secara turun-tumurun dari dahulu mungkin pra Hindu sudah ada.

Tumpek artinya hari Saniscara (Sabtu) Kliwon, sedangkan wariga adalah nama wuku yang ke 7. Tumpek wariga jatuhnya tepat pada hari Saniscara Kliwon wuku Wariga sering disebut tumpek uduh, bubuh, pengatag, pengarah Hubungan manusia hendaknya harmoni dengan lingkungan alam (palemahan).

Tumpek Wariga memberikan cerminan pada umat Hindu agar lingkungan alam dilestarikan, karena manusia tidak bisa hidup tanpa lingkungan alam.

Sebagai mana dilansir PHDI dan dikutip dari berbagai sumber yang ada. Dalam melestarikan lingkungan hari Tumpek Wariga memberi arti, fungsi dan makna yang patut kita lakukan dalam tindakan nyata.
Hubungan manusia dengan lingkungan bagaikan rantai saling membutuhkan. Seperti yang disebutkan dalam Bhagawadgita III. 14.


Kali ini dalam memperingati Hari Raya Tumpek Wariga Perbekel Sepang I Putu Agung Mahardika Bersama Perangkatnya, telah melakukan kegiatan Sekala dan Niskala sesuai Intruksi dari Bapak Gubernur Bali. Pelaksanaan Niskala yaitu melakukan Persembahyangan di Kantor Desa atau di Padma pelaksanaan Persembahyangan tersebut di pimpin langsung oleh Jro Mangku Nyoman Rincim. Dan untuk kegiatan sekala di laksanakan di Kawasan Hutan Desa yaitu menanam Bibit Kelapa dan dihadiri juga dari Tim KBS Provensi.

Komentar atas Perbekel Sepang Dan Perangkat Merayakan Hari Raya Tumpek Wariga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar