Puskesmas Busungbiu II Kembali Lakukan Vaksin Dosis II (Vaksin Dosis 1 Tanggal 26 Juni 2021)

Operator: Putu Wirya Sunantra 18 September 2021 12:03:16 WITA

Salah satu vaksin yang digunakan di Indonesia adalah Astrazeneca. Astrazeneca perlu diberikan sebanyak dua dosis dengan interval 8-12 Minggu. Dosis pertama ditujukan untuk memicu respons kekebalan awal dan dosis kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Dengan mendapatkan dosis kedua maka antibodimu akan terbentuk dengan optimal.

Berdasarkan rekomendasi WHO tanggal 16 Maret 2021 bahwa efikasi vaksin AstraZeneca terbaik didapatkan pada interval pemberian vaksin 12 minggu (76%).

Puskesmas Busungbiu II yang merupakan vasilitator vaksin untuk wilayah Desa Sepang, kembali melakukan vaksinasi dosis kedua kepada masyarakat Desa Sepang yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama tanggal 26 Juni 2021 yang lalu. Pelaksanaan Vaksin Dosis kedua tersebut dibantu pula oleh Perangkat Desa Sepang serta melibatkan Bhabinkantibmas dan Limnas Desa Sepang yang bertempat di SMPN 3 Busungbiu, Sabtu (18/21).

Proses vaksinasi yang dimulai pukul 08.30 WITA hingga pukul 13.00 WITA tersebut masih menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin dosis pertama yaitu Astrazeneca. Waktu pelaksanaan vaksin telah diatur dengan interval waktu 1 hingga 1,5 jam untuk setiap banjar dinas. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kerumunan dalam antrian vaksin serta masyarakat yang mengikuti vaksin tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker.

Dalam vaksin kali ini, total keseluruhan warga yang melakukan vaksin dosis kedua sebesar 385 orang dari 436 orang yang telah melakukan vaksin dosis pertama. 385 orang yang melakukan vaksin tersebut terdiri dari lansia sebanyak 41 orang, masyarakat umum 344 orang.

Salah satu petugas Puskesmas Busungbiu II menyampaikan bahwa masyarakat yang jadwal vaksin kedua telah lewat dibarapkan agar dapat mengikuti jadwal vaksi  kedua selanjutnya yaitu tanggal 24 September 2021 mendatang.

 

Komentar atas Puskesmas Busungbiu II Kembali Lakukan Vaksin Dosis II (Vaksin Dosis 1 Tanggal 26 Juni 2021)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar