Pelaksanaan Fisik Bantuan Rumah Swadaya Desa Sepang Telah Capai 30%

Operator: Putu Wirya Sunantra 31 Agustus 2021 22:10:02 WITA

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Buleleng telah meluncurkan Bantuan Rumah Swadaya (BRS) yang bersumber dari  APBD Kabupaten Buleleng Tahun Anggaran 2021 di beberapa desa yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng. Salah satu desa penerima bantuan tersebut adalah Desa Sepang.

Bantuan Rumah Swadaya meliputi program rehabilitasi rumah korban bencana dan program peningkatan kualitas rumah swadaya. Kegiatan Bantuan Rumah Swadaya yang ada di Desa Sepang adalah program peningkatan kualitas rumah swadaya yang bertujuan untuk membangun rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Enam kepala keluarga telah ditetapkan menjadi penerima Bantuan Rumah Swadaya untuk di wilayah Desa Sepang.

Sehari setelah dilakukan penandatangan buku tabungan tanggal 9 Agustus 2021 yang lalu di Kantor BPD Singaraja, Para penerima Bantuan Rumah Swadaya sudah dapat melaksankan kegiatan fisik atau mulai menggarap rumah impian mereka. Pelaksanaan fisik dimulai dengan droping material ke masing-masing penerima bantuan oleh UD Sari Kerti yang menjadi supplier pengadaan material untuk Bantuan Rumah Swadaya Desa Sepang.

Sampai dengan berita ini diterbitakan, pelakasanaan fisik Bantuan Rumah Swadaya telah mencapai 30% pengerjaannya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pemantuan dilapangan bahwa rata-rata pengerjaan proyek Bantuan Rumah Swadaya sudah melakukan pemasangan batako lebih dari lima tingkat serta telah melakukan pemasangan kusen pintu dan jendela. Bantuan Rumah Swadaya yang menerapkan sistem tanggung renteng tersebut diharapkan dapat diselesaikan dalam kurun waktu satu setengah bulan.

Saat dikonfirmasi via aplikasi whatsapp messenger Tenaga Penyuluhan Lapangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Buleleng, Made Hari Krisnayadi, S.Pd, Selasa (31/08) Siang menyampaikan bahwa pelaksanaan fisik Bantuan Rumah Swadaya yang telah mencapai 30% akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait regulasi pelaksanaan fisik proyek bantuan terutamanya pada struktur bangunan.

“Pencairan dana bantuan untuk pembayaran bahan material dan tukang tahap I masih dalam proses melengkapi administrasi,” tambahnya.

Sementara itu, Perbekel Sepang I Putu Agung Mahardika saat ditemui di Kantor Perbekel Desa Sepang menyampaikan bahwa untuk tahun 2021 Desa Sepang mendapatkan Bantuan Rumah Swadaya sebanyak enam kepala keluarga dan sudah dalam proses pengerjaan. Perbekel juga berharap kepada enam kepala keluarga tersebut agar memperhatikan juklak dan juknis terkait pelaksanaan fisik bantuan tersebut, karena hasil akhirnya akan mempengaruhi penilaian desa kedepannya.

Komentar atas Pelaksanaan Fisik Bantuan Rumah Swadaya Desa Sepang Telah Capai 30%

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar