Rapat Koordinasi Penanganan Kasus Covid-19 di Desa Sepang

Operator: Putu Wirya Sunantra 21 Juli 2021 10:47:35 WITA

Bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Sepang telah diadakan Rapat Koordinasi Penanganan Kasus Covid-19 di Desa Sepang yang dihadiri oleh Perbekel Sepang, Sekdes Sepang, BPD Sepang, LMP Desa Sepang dan Satgong Covid-19 Desa Sepang, Rabu (21/07)

Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika dalam pembukaan menyampaikan bahwa masyarakat Desa sepang telah ada yang terpapar Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah warga. Menanggapi hal tersebut Pemdes dan Satgong serta dibantu tim medis dari Puskesmas Busungbiu II harus melakukan tindakan dalam penanganan kasus tersebut serta melakukan pencegahan untuk masyarakat yang belum terpapar.

Puskesmas Busungbiu II yang diwakili oleh Ni Kadek Widiartaningsih memaparkan pola penanganan kasus Covid-19 dengan tahapan sebagai berikut. Tahap yang pertama adalah apabila ada masyarakat Desa Sepang yang mengalami gejala Covid-19 disaran agar melakukan Swab ke Puskesmas Busungbiu II, dan jika memang dari hasil Swab yang dilakukan di puskesmas positif maka akan dilanjutkan Swab PCR. Tahap kedua, apabila hasil Swab PCR adalah positif maka pasien atau masyarakat yang terpapar Covid-19 wajib melakukan isolasi dalam kurun waktu 10 hari. Tahap selanjutnya adalah dilakukan Contact Tracing terhadap keluarga atau masyarakat yang pernah kontak langsung dengan pasien terpapar Covid-19.

Bidan Desa Sepang tersebut juga menekankan harus adanya pengawasan secara benar terhadap masyarakat terpapar Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri serta dilakukan juga pengawasan kepada keluarga atau masyarakat yang sudah dilakukan Contact Tracing. 

Perbekel Sepang juga menyinggung akan ada Refocusing Anggaran Tahun 2021 terkait pelaksanaan penanganan kasus Covid-19. Untuk refocusing anggaran tersebut akan dibahas lebih lanjut dengan BPD Sepang.

Satgong Covid-19 Desa Sepang, I Made Daster dalam rapat ini juga menyampaikan akan siap untuk menjalankan tugas penanganan Covid-19 serta membantu dalam bidang pengawasan dari desa adat dengan melibatkan pecalang desa adat baik untuk masyarakat yang telah terpapar Covid-19 atau pun masyarakat yang telah dilakukan Contact Tracing terkait kasus Covid-19.

Komentar atas Rapat Koordinasi Penanganan Kasus Covid-19 di Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar