Pemdes Sepang Lakukan Upacara Peringatan Lahir Pancasila 01 Juni 2021

Operator: Putu Wirya Sunantra 01 Juni 2021 14:10:36 WITA

Menindak lanjuti surat edaran dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Nomor 100/1612/ Pem/V/2021 tertanggal 30 Mei 2021 tentang Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila maka Pemdes Sepang melakukan kegiatan Upacara Peringatan Lahir Pancasila di halaman Kantor Perbekel Sepang yang diikuti oleh semua Perangkat Desa Sepang, Selasa (01/06).

Dikutip dari Wikipedia, Pancasila adalah pilar ideologis negara Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata Sanskerta yaitu "panca" berarti lima dan "sila" berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima ideologi utama penyusun Pancasila adalah ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kelima ideologi tersebut tercantum pada alinea ke-4 dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Semangat Perangkat Desa dalam melakukan kegiatan upacara peringatan lahir Pancasila sangat tinggi, ini dibuktikan dengan kehadiran Perangkat Desa Sepang yang sudah ada sejak pukul 07.00 Wita dengan menggunakan pakaian adat madya. Gladi resik pun dilaksanakan sebelum melakukan upacara yang sesungguhnya.

Susunan acara dalam peringatan hari kelahiran Pancasila yang dilakukan oleh Pemdes Sepang tanpa adanya pengibaran Bendera Merah Putih, selain itu susunan acaranya sama dengan peringatan upacara bendera 17 agustus.

Perbekel Sepang, I Putu Angung mahardika sebagai Pembina Upacara, dalam amanatnya menyampaikan sebagai rasa hormat terhadap lahirnya Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 juni setiap tahun, pada hari ini kita bersama melakukan kegiatan peringatan lahirnya Pancasila. Kita sebagai ujung tombak Pemeritah Desa Sepang yang berjuang dalam lini terdepan tetap semangat dalam melakukan tugas dan pengabdian terhadap masyarakat serta akan selalu memegang teguh ideologi kita adalah Pancasila. Perbekel juga menegaskan bahwa perbedaan bukanlah hambatan dalam menjaga persatuan dan kesatuan terutamanya untuk kemajuan Desa Sepang.

“Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”

Komentar atas Pemdes Sepang Lakukan Upacara Peringatan Lahir Pancasila 01 Juni 2021

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar