LHP Inspektorat Daerah Kabupaten Buleleng : Secara Umum Desa Sepang dalam Kondisi Baik

Operator: I Gede Prawira Santosa 07 November 2019 17:38:58 WITA

Dikutip berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Kabupaten Buleleng di Desa Sepang Nomor : 700/662/ITDA/2019, Tanggal 9 Oktober 2019 yang diterima tanggal 5 November 2019 bahwasanya sesuai dengan pemeriksaan tersebut secara umum Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng dalam kondisi baik.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim IRBAN Wilayah II ini terdiri dari Drs. Panca Wijaya Sastrawan Mataram sebagai Pengendali Teknis, Eneng Lina Meylianingsih, S.E. sebagai Ketua Tim, serta dua orang Anggota Tim yakni Desak Kadek Lia Paramita, S.E. dan Luh Devi Lindayani, S.H. pada 10 s/d 28 Juni 2019 lalu memeriksa mengenai tiga hal yang menjadi ruang lingkup pemeriksaan yaitu Review RPJM Desa, Review Keuangan Tahun 2014-2018, dan Audit Keuangan Tahun 2019. Dalam hal ini, tim pemeriksa melakukan pendekatan pemeriksaan melalui tiga cara yakni wawancara, pembuktian, serta uji petik ke lapangan.

Adapun beberapa temuan pemeriksaan serta rekomendasinya sebagai berikut :

 

Review Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa)

Setelah dilakukan review ditemukan bahwa secara keseluruhan belum menunjukkan keselarasan kegiatan pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa dengan penjabaran kegiatan pembangunan yang telah ditetapkan dalam RKP Desa dan APB Desa. Hal ini ditunjukkan dari adanya kegiatan pembangunan yang tercantum pada RPJM Desa namun tidak bisa direalisasikan pada RKP Desa maupun pada APB Desa dan sebaliknya adanya kegiatan yang tercantum pada APB Desa dan RKP Desa namun tidak tercantum pada RPJM Desa.

Sehingga direkomendasikan untuk menyusun dokumen RPJM Desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tetap berpedoman pada RPJMD Kabupaten dan RPJM Nasional, serta melakukan review RPJM Desa jika terdapat perubahan arah pembangunan sebagai dasar penyusunan RKP Desa dan APB Desa.

 

Review Keuangan Tahun 2014-2018

Terjadi kekurangan pengungkapan Saldo Silpa untuk tahun 2014 sebesar Rp 268,80 sehingga berpengaruh pada review keuangan dari tahun 2014 s/d 2018 dan terhadap hal ini telah disetor pada tanggal 3 Oktober 2019. Adapun rekomendasi terhadap hal ini agar mempertahankan kondisi yang sudah baik tersebut dan kedepan agar ditingkatkan lagi.

 

Kelembagaan Desa

Dari hasil pemeriksaan terhadap aspek kelembagaan desa di Desa Sepang diketahui organisasi Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sudah terbentuk. Sehingga direkomendasikan terhadap kelembagaan desa yang sudah terbentuk diminta kepada Perbekel agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan lembaga desa, sehingga roda pemerintahan dan pembangunan desa dapat berjalan dengan baik dan sinergis.

 

Hasil Audit Tahun 2019

Hasil Audit Tahun 2019 yang meliputi Penatausahaan Keuangan, Kewajiban Perpajakan, Pengadaan Barang dan Jasa, Pengelolaan Aset Desa dan Bukti Kas Tahun 2019 secara umum telah berjalan dengan baik.

Pada Penatausahaan telah dilaksanakan dengan tertib, begitu pula pada Kewajiban Perpajakan telah sepenuhnya melakukan pemungutan dan penyetoran atas Belanja Desa yang kena pajak.

Dari hasil pemeriksaan terhadap Pengadaan Barang dan Jasa di Desa Sepang diketahui proses pengadaan barang/jasa sudah mengikuti ketentuan yang berlaku. Serta hasil pemeriksaan terhadap Bukti Kas juga telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun dari hasil uji fisik terhadap inventarisasi aset desa ditemukan bahwa adanya barang inventaris aset desa belum seluruhnya berisi kodefikasi barang, serta aset desa yang berasal dari pengadaan tahun 2019 belum seluruhnya dicatat ke dalam Buku Inventaris.

Terhadap hal itu diminta kepada desa agar mempertahankan kondisi yang sudah baik tersebut dan kedepan agar ditingkatkan lagi. Salah satunya yaitu mengoptimalkan pengelolaan aset desa seperti mengisi kodefikasi barang pada setiap barang desa dan mencatat aset desa ke dalam Buku Inventaris.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar