Kebijakan Pembangunan Desa

31 Januari 2017 19:20:23 WITA

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN DESA

Strategi pada dasarnya merupakan upaya ataupun cara dalam mengoptimalkan potensi ataupun mengatasi permasalahan. Sehubungan dengan hal tersebut strategi pembangunan desa dirumuskan dengan memperhatikan potensi dan permasalahan yang ada di desa serta tujuan dan sasaran pembangunan yang hendak dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Desa.Sepang menetapkan strategi pembangunan dengan memfokuskan pada upaya-upaya pengelolaan dan penanganan masalah mendesak dan berdampak luas bagi peningkatan kemakmuran rakyat serta upaya untuk menciptakan keadaan Desa. Sepang yang sejahtera, adil dan lestari.

Mengingat dinamika pengembangan wilayah Kabupaten Buleleng saat ini lebih mengarah pada perkembangan sektor pertanian dan Industri, maka arah kebijakan pembangunan Desa Sepang dititik beratkan pada pengembangan sektor Pertanian dan Peternakan Disamping sektor –sektor tersebut Desa Sepang juga mengembangkan arah kebijakannya pada sektor pendidikan dan sektor pariwisata. Dan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik maka penataan sistem pemerintahan diperbaiki secara bertahap.

 

Untuk mewujudkan arah kebijakan diatas perlu strategi-strategi yaitu :

  1. Merubah cara pandang dan pemahaman serta menambah wawasan masyarakat tentang pentingnya membentuk kelompok Tani Ternak dan KWT serta memfasilitasi pembentukan gabungan kelompok Gapoktan di tingkat desa dan juga menambah wawasan Tani Ternak tentang pentingnya merubah sistem dari petani non organik kepada petani organik.
  2. Menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk mewujudkan point pertama.
  3. Menambah wawasan masyarakat tentang pengembangan sektor Pertanian untuk pengembangan pariwisata berbasis pertanian ( agrowisata )
  4. Bekerja sama dengan berbagai pihak yang terkait industri wisata serta membentuk kelembagaan desa wisata dan membuat peraturan tentang desa wisata untuk menunjang perwujudan point ketiga.
  5. Memfasilitasi terbentuknya lembaga-lembaga pendidikan baru baik sektor formal maupun informal ( pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah (PLS) ) 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar