Pembekalan Tata Cara Pengisian Prelist sebagai Langkah Awal Verifikasi dan Validasi BDT Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 08 Oktober 2019 20:56:25 WITA

Agenda tahunan verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) untuk mengumpulkan data rinci rumah tangga dan individu anggota rumah tangga miskin dan kurang mampu sesuai dengan kondisi terkini di Desa Sepang segera dimuali. Langkah awal yang dilakukan yakni dengan memberikan pembelakalan kepada para Kelian Banjar Dinas dan ketua-ketua kelompok se-Desa Sepang yang dalam hal ini dilibatkan dalam verifikasi lapangan dimaksud.

Dalam acara yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Sepang, Senin (07/10) kemarin, Operator Desa I Gede Prawira Santosa memaparkan kepada para Kelian Banjar Dinas dan ketua-ketua kelompok se-Desa Sepang mengenai tata cara pengisian prelist BDT sebagaimana kebutuhan input dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) v.2.3.2.

Terdapat beberapa indikator dalam prelist tersebut yang dibagi menjadi lima blok meliputi; Pengenalan Tempat, Keterangan Petugas dan Responden, Keterangan Perumahan, Keterangan Sosial Ekonomi Anggota Rumah Tangga, serta Kepemilikan Aset dan Keikutsertaan Program. Dimana dalam hal ini diharapkan para petugas verifikasi nantinya dapat mengisi seluruh indikator tersebut yang bersumber dari responden dengan menggunakan dua metode pengumpulan data, yakni wawancara dan observasi/pengamatan.

Sementara itu, Ketua BPD Sepang I Putu Agus Sastrawan yang juga menghadiri acara tersebut menggarisbawahi agar pada pelaksanaan verifikasi nantinya dapat dilakukan secara objektif, jujur dan terbuka baik dari petugas verifikasi maupun responden. Sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan realita dilapangan.

Sedangkan Kasi Pelayanan Pemdes Sepang Komang Gunantara Yasa menyebutkan bahwasanya verifikasi BDT merupakan hal yang sangat penting guna memperoleh informasi terkini rumah tangga dan individu yang nantinya digunakan sebagai acuan basis data sasaran kepesertaan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Pada tahun 2019, di Desa Sepang terdapat 491 rumah tangga BDT yang akan diverifikasi serta pengusulan rumah tangga baru yang ditargetkan dapat terselesaikan pada akhir bulan Oktober sampai dengan awal bulan Nopember mendatang. Sehingga target pengiriman hasil verifikasi melalui aplikasi SIKS-NG ke Dinas Sosial Kabupaten Buleleng pada awal Nopember 2019 dapat dipenuhi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar