Pembekalan Tata Cara Pengisian Prelist sebagai Langkah Awal Verifikasi dan Validasi BDT Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 08 Oktober 2019 20:56:25 WITA

Agenda tahunan verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) untuk mengumpulkan data rinci rumah tangga dan individu anggota rumah tangga miskin dan kurang mampu sesuai dengan kondisi terkini di Desa Sepang segera dimuali. Langkah awal yang dilakukan yakni dengan memberikan pembelakalan kepada para Kelian Banjar Dinas dan ketua-ketua kelompok se-Desa Sepang yang dalam hal ini dilibatkan dalam verifikasi lapangan dimaksud.

Dalam acara yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Sepang, Senin (07/10) kemarin, Operator Desa I Gede Prawira Santosa memaparkan kepada para Kelian Banjar Dinas dan ketua-ketua kelompok se-Desa Sepang mengenai tata cara pengisian prelist BDT sebagaimana kebutuhan input dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) v.2.3.2.

Terdapat beberapa indikator dalam prelist tersebut yang dibagi menjadi lima blok meliputi; Pengenalan Tempat, Keterangan Petugas dan Responden, Keterangan Perumahan, Keterangan Sosial Ekonomi Anggota Rumah Tangga, serta Kepemilikan Aset dan Keikutsertaan Program. Dimana dalam hal ini diharapkan para petugas verifikasi nantinya dapat mengisi seluruh indikator tersebut yang bersumber dari responden dengan menggunakan dua metode pengumpulan data, yakni wawancara dan observasi/pengamatan.

Sementara itu, Ketua BPD Sepang I Putu Agus Sastrawan yang juga menghadiri acara tersebut menggarisbawahi agar pada pelaksanaan verifikasi nantinya dapat dilakukan secara objektif, jujur dan terbuka baik dari petugas verifikasi maupun responden. Sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan realita dilapangan.

Sedangkan Kasi Pelayanan Pemdes Sepang Komang Gunantara Yasa menyebutkan bahwasanya verifikasi BDT merupakan hal yang sangat penting guna memperoleh informasi terkini rumah tangga dan individu yang nantinya digunakan sebagai acuan basis data sasaran kepesertaan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Pada tahun 2019, di Desa Sepang terdapat 491 rumah tangga BDT yang akan diverifikasi serta pengusulan rumah tangga baru yang ditargetkan dapat terselesaikan pada akhir bulan Oktober sampai dengan awal bulan Nopember mendatang. Sehingga target pengiriman hasil verifikasi melalui aplikasi SIKS-NG ke Dinas Sosial Kabupaten Buleleng pada awal Nopember 2019 dapat dipenuhi.

Komentar atas Pembekalan Tata Cara Pengisian Prelist sebagai Langkah Awal Verifikasi dan Validasi BDT Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 06 Juli 2020 22:48:53 WITA
Selamat malam Bapak, untuk formulir verifikasi dan validasi DTKS dikeluarkan dari aplikasi SIKS-NG masing-masing desa. Terimakasih.
Irfan 04 Juli 2020 20:46:27 WITA
Maap.Bisakah saya minta form verifikasi dan validasi DTKS yg baru. Klau bisa tolong dikirmkan ke email saya geh Terimakasih
Rendi santoso 11 Juni 2020 17:54:58 WITA
Saya ingin mendapat bantuan pkh
Rendi santoso 10 Juni 2020 22:50:42 WITA
Saya ingin mendapat bantuan
SULFADILA 13 Mei 2020 09:05:41 WITA
Bagaimana caranya mendaftar di DTKS Karna saya belum terdaftar
Allika Fadya Hayya 18 Februari 2020 14:27:47 WITA
Saya termasuk ke dalam kategori keluarga yg tidak mampu saya ingin melanjutkan pendidikan saya ke universitas tetapi secara ekonomi saya tidak mampu,keluarga saya sebelumnya belum terdaftar sebagai DTKS yg dimana menjadi syarat untuk mendapatka. KIP Kuliah lalu saya mendaftarkan diri ke RT, RT sudah mengeluarkan surat pengantar lalu surat pengantar itu sudah saya antar ke lurah dan lurah sudah mengeluarkan SKTM dan sudah dicap oleh camat lalu saya antarkan ke Dinsos dikota saya yaitu kota Singkawang ternyata didinsos tidak bisa karna saya belum terdaftar DTKS saya sudah meminta bagaimana jika ingin mendaftar sebagai DTKS lalu kk saya diminta dan akan diusulkan namun dengan jangka waktu 1 tahun baru bisa selesai sedangkan program KIP kuliah baru diselenggarakan tahun 2020 yg artinya saya tidak bisa kulaih tahun ini, saya sudah menganggur 1 tahun. Besar harapan saya setelah saya menulis komentar ini saya mendapatkan jalan keluarnya untuk bisa terdata di DTKS karna memang jujur saya sangat memerlukannya untuk kelangsungan hidup keluarga saya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar