Penyusunan RKPDes Menjadi Pokok Bahasan dalam Rapat Koordinasi BPD se-Kecamatan Busungbiu

Operator: I Gede Prawira Santosa 18 Juli 2019 13:02:30 WITA

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Busungbiu, Rabu (17/07) kemarin diselenggarakan Rapat Koordinasi Badan Permusyawaratan Desa se-Kecamatan Busungbiu dengan agenda utama yakni pembahasan mengenai penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2020 dan pembentukan susunan kepengurusan Forkom BPD se-Kecamatan Busungbiu.

Sekretaris Camat, I Ketut Suastika, S.Sos. yang dalam hal ini mewakili Camat Busungbiu membuka acara Rakor tersebut. Adapun hadir sebagai narasumber adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng, I Made Subur, SH.

Didepan BPD se-Kecamatan Busungbiu tersebut, Kadis PMD memaparkan tentang penyusunan RKPDes yang mana dalam pelaksanaannya senantiasa melibatkan Badan Permusyawaratan Desa.

Sebagaimana informasi yang dihimpun Operator SID Pemdes Sepang dari Ketua BPD Sepang, I Putu Agus Sastrawan yang juga mengikuti kegiatan tersebut mengungkapkan, setidaknya ada enam poin pemaparan dan arahan dari narasumber, diantaranya : 1) Di dalam penyususnan RKPDes, wajib menyesuaikan RPJM Daerah Kabupaten dan Provinsi sesuai dengan Visi dan Misi Bapak Gubernur Bali, 2). Di setiap penyusunanya, baik tahap awal sampai penetapan wajib melibatkan BPD, serta bersama-sama mensosialisasikan ke masyarakat, 3) Desa kedepan harus memaksimalkan penggalian potensi Desa untuk meningkatkan PAD menuju kemandirian Desa, 4) Pembangunan mengedepankan skala prioritas Desa dan tetap mengacu RPJM Kabupaten dan Provinsi, 5) Pemerintah Kabupaten kedepan akan menyusun Perda untuk pemberian reward bagi Desa yang mampu menggali potensi Desa dan mengentaskan kemiskinan melalui penggunaan Dana Desa, dan 6) Menjaga sinergitas antar lembaga di Desa untuk menopang seluruh kegiatan pembangunan menuju kemandirian Desa dan tata kelola pemerintahan yang bersih berbasis kinerja.

Selain itu, dalam acara Rapat Koordinasi kali ini juga disepakati kepengurusan Forkom Badan Permusyawaratan Desa Kecamatan Busungbiu oleh peserta rapat.

Komentar atas Penyusunan RKPDes Menjadi Pokok Bahasan dalam Rapat Koordinasi BPD se-Kecamatan Busungbiu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar