KTH Buana Amerta Sari Ikuti Lomba Tingkat Nasional, Pemdes Sepang Berikan Apresiasi

Operator: I Gede Prawira Santosa 03 Juli 2019 21:21:21 WITA

Kelompok Tani Hutan Buana Amerta Sari mengikuti Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional yang penilaiannya dilakukan oleh Tim Pembina Lomba Wana Lestari Kementerian LHK Kamis (03/07) di Sekretariat KTH Buana Amerta Sari di Desa Sepang. Beberapa poin yang menjadi kriteria penilaian meliputi administrasi dan fisik di lapangan.

Dalam rangkaian lomba yang juga dihadiri oleh pihak Dinas Kehutanan Provinsi Bali, Penyuluh Kehutanan Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kecamatan Busungbiu, Pemdes Sepang, BPD dan Bhabinkamtibmas Desa Sepang ini, KTH Buana Amerta Sari menampilkan beberapa produk olahan dari hasil inovasi di bidang kehutanan yang diantaranya adalah hasil pertanian dan olahannya, budidaya madu serta kreatifitas anyaman bambu dan kerajinan kayu, sedangkan budidaya tanaman kehutanan menjadi suguhan utama yang ditampilkan.

Keikutsertaan Kelompok Tani Hutan Buana Amerta Sari dalam Lomba Wana Lestari Kementerian LHK mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Desa Sepang. Hal tersebut diungkapkan oleh PLH. Perbekel Sepang I Gede Sugiartawan dikonfirmasi kontributor SID Pemdes Sepang, Kamis (03/07) petang. Ia mengungkapkan bahwa pihak desa sangat mendukung program kelompok yang telah berinovasi dan berkreatifitas dalam hal menggali potensi desa khususnya berkaitan dengan kehutanan.

Inovasi dan kreatifitas dalam hal pemanfaatan produk lokal desa seperti pengolahan jahe menjadi serbuk, kopi bubuk, anyaman bambu, pemanfaatan buah lokal, pengolahan pupuk kandang dan sebagainya dinilai positif oleh Pemdes dalam kaitannya dengan upaya pengentasan kemiskinan yang menjadi fokus utama pembangunan desa belakangan ini. Selanjutnya PLH. Perbekel juga mengharapkan agar kegiatan kelompok semacam ini dapat diketoktularkan kepada kelompok lain, sehingga program pengentasan kemiskinan melalui upaya inovasi dan kreatifitas dapat dikembangkan. Berkaitan dengan tindak lanjut pengembangannya, dijelaskan pula bahwa pihak Pemerintah Desa telah dan terus mengusulkan melaui kegiatan Supra Desa guna penyelenggaraan pembinaan dan pelatihan serta pengadaan bibit dan mesin pengolahan usaha kelompok.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar