Ayo Alihkan Penggunaan Kantong Plastik ke Bahan yang Ramah Lingkungan!!!

Operator: I Gede Prawira Santosa 03 Januari 2019 12:47:59 WITA

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sangat sulit terurai dalam tanah, dibutuhkan waktu puluhan tahun untuk proses penguraiannya sehingga sampah plastik menjadi salah satu permasalahan klasik yang sulit untuk dipecahkan. Dampaknya terhadap lingkungan bagaikan bom waktu yang siap “menggerus” ekosistem secara perlahan. Namun demikian, penggunaan barang berbahan dasar plastik sangat mudah untuk dijumpai, selain ringan dan kuat, barang berbahan plastik mampu tahan terhadap korosi, transparan, serta memiliki sifat insulasi yang baik. Hal tersebut mendorong penggunaan bahan plastik menjadi salah satu pilihan terlaris di zaman modern ini. Akan tetapi akibat sifat plastik tersebutlah membuatnya sulit untuk diurai dan menjadi salah satu sampah “terburuk” terhadap lingkungan.

Untuk itu, Gubernur Bali beberapa waktu lalu telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. Peraturan Gubernur ini mulai diberlakukan per 1 Januari 2018, dan Pemerintah Provinsi Bali masih memberikan waktu 6 bulan kedepan untuk menyesuaikannya hingga pada 23 Juni mendatang pelanggaran terhadap hal tersebut akan dikenakan sanksi-sanksi sesuai ketentuan.

Pada fase awal pemberlakuan Pergub ini, Pemerintah Provinsi Bali akan membentuk tim yang melakukan edukasi, sosialisasi, konsultasi, bantuan teknis, pelatihan/pendampingan kepada produsen, distributor, penyedia dan masyarakat pada umumnya serta penegakan hokum agar Pergub ini dapat berjalan dengan efektif.

Adapun beberapa garis besar yang tertuang dalam Pergub Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai ini diantaranya melarang memproduksi, mendistribusikan dan memakai barang-barang berbahan dasar plastik sekali pakai pada tiga jenis barang yaitu kantong plastik, sedotan plastik dan polysterina (styrofoam). Terhadap ketiga barang tersebut yang mana kegunaannya sangat dibutuhkan dapat diganti menjadi bahan-bahan ramah lingkungan diantaranya ; untuk sedotan plastik dapat diganti dengan sedotan berbahan kertas, stainless atau kaca, untuk penggunaan styrofoam dalam pembuatan ogoh-ogoh dapat diganti dengan bambu, sedangkan karangan bunga menggunakan daun, begitu pula dalam hal penggunaan kantong plastik dapat diganti dengan kantong kain, tas atau sejenisnya yang dapat dipakai berulang kali.

 

*dikumpulkan dari berbagai sumber.

Foto : Google

Komentar atas Ayo Alihkan Penggunaan Kantong Plastik ke Bahan yang Ramah Lingkungan!!!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar