Menggali Potensi Produk Desa Sepang: Mengenal Dayang Kopi Beserta Produk Andalannya

I Gede Juliana 24 Agustus 2023 09:45:48 WITA

Desa Sepang merupakan desa yang terletak pada ketinggian 550 sampai 800-meter diatas permukaan laut, sehingga wilayah perkebunan yang terdapat di Desa Sepang menjadi sangat ideal untuk budidaya buah kopi dengan jenis robusta. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Sepang adalah menjadi petani kopi pada kebun milik pribadi atau milik bersama. Sesuai dengan artikel “Menggali Potensi Alam Desa Sepang: Eksotis Namun Tersembunyi” disebutkan bahwa hampir di setiap sudut dari keempat dusun ditanami kopi. Dengan banyaknya tanaman kopi pada Desa Sepang, maka bukan hal yang mengherankan jika terdapat banyak usaha dalam pengolahan biji kopi dari awal panen hingga pembuatan sampai menjadi produk kopi bubuk. Salah satu usaha yang terdapat di Desa Sepang yang berfokus dalam pengolahan biji kopi adalah Dayang Kopi.

Dayang Kopi merupakan usaha pengolahan biji kopi yang bergerak dari budidaya kopi, pengolahan pasca panen kopi hingga memproduksi kopi bubuk sebagai salah satu produk yang dijual. Dayang Kopi pada awalnya dirintis pada tahun 2016 oleh Bapak Wayan Nasib Astika bersama dengan Bapak Pande Made Oka yang merupakan seorang ahli dalam bidang kopi. Kemudian, bersama-sama mereka mendirikan suatu usaha bernama Dayang Kopi disertai dengan pembuatan ijin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) guna mendukung terjaminnya setiap produk dari biji kopi yang dihasilkan oleh Dayang Kopi tersebut.

Meskipun telah menciptakan produk kopi bubuk khas sepang, Dayang Kopi terus memperluas jangkauan pelanggannya dengan menciptakan produk green bean dan roasted bean. Pemasaran green bean tersebut difokuskan kepada coffee shop agar dapat digoreng dan diolah sesuai selera dan keinginan coffee shop tersebut. Kemudian, roasted bean kerap dibeli oleh penikmat kopi senior yang telah memiliki alat penggiling pribadi. Berdasarkan keterangan dari Bapak Oka selaku direksi produksi, produk green bean, roasted bean, dan kopi bubuk tersebut diproduksi sesuai dengan permintaan dari pelanggan.

Salah satu keunggulan dari Dayang Kopi adalah terdapat produk blended yang merupakan kombinasi antara biji kopi arabika dengan cita rasa asam dan biji kopi robusta dengan cita rasa pahit. Kehadiran produk blended ini memberikan kesempatan kepada para penikmat kopi untuk merasakan kenikmatan dari kedua rasa khas biji kopi dengan harga yang terjangkau. Mulai dari produk green bean, roasted bean, dan kopi bubuk dari Dayang Kopi telah menyediakan variasi blended-nya untuk memperluas jangkauan pasar serta memberikan pilihan yang lebih banyak kepada calon pembeli. Untuk mengenal Dayang Kopi secara lebih mendalam terkait perjalanan usaha dan produk unggulan serta produk-produk apa saja yang dihadirkan oleh Dayang Kopi, secara langsung dapat menghubungi Bapak Pande Made Oka selaku direksi produksi Dayang Kopi.

Komentar atas Menggali Potensi Produk Desa Sepang: Mengenal Dayang Kopi Beserta Produk Andalannya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar