Vaksin Dosis II Astrazeneca Masyarakat Desa Sepang (Vaksin Dosis I Tanggal 02 Juli 2021)

Operator: Putu Wirya Sunantra 24 September 2021 12:16:59 WITA

Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih mewabah di hampir seluruh negara di dunia. Vaksinasi pun digencar demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Untuk meminimalisir resiko tertular atau menulari Covid-19, setiap orang harus melakukan vaksinasi hingga dua dosis dengan rentang waktu vaksin yang berbeda-beda.

Bahkan, studi teranyar yang dilakukan Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat menyebutkan seseorang yang tidak melakukan vaksinasi sampai dua dosis lebih rentan terinfeksi atau terpapar kembali Covid-19 meski resikonya tak setinggi orang yang belum divaksin sama sekali.

Pemberian dosis kedua pada periode pertama vaksin Covid-19 kembali dilaksanakan oleh Puskesmas Busungbiu II pada hari Jumat (24/9). Kegiatan vaksinasi berlangsung di SMPN 3 Busungbiu yang dimulai pukul 09.00 WITA dan diikuti oleh warga Desa Sepang yang telah mengikuti vaksinasi periode pertama sebelumnya tanggal 02 Juli 2021.

Proses vaksinasi yang dilaksanakan hingga pukul 13.00 WITA tersebut masih menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin dosis pertama yaitu Astrazeneca. Waktu pelaksanaan vaksin telah diatur dengan interval waktu 1 hingga 1,5 jam untuk setiap banjar dinas. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kerumunan dalam antrian vaksin serta masyarakat yang mengikuti vaksin tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.

Dalam vaksin kali ini, total keseluruhan warga yang melakukan vaksin dosis kedua sebesar 390 orang dari 373 orang yang telah melakukan vaksin dosis pertama. adanyan kelebihan tersebut merupakan masyarakat yang vaksin dosis kedua telah lewat dari jadwal sebelumnya. 390 orang yang melakukan vaksin tersebut terdiri dari lansia sebanyak 74 orang, masyarakat umum 316 orang.

Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika atas nama Pemerintah Desa Sepang mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Busungbiu II, SMPN 3 Busungbiu, Perangkat dan Staf Desa Sepang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Limnas serta stakeholder yang telah membantu atas pelaksanaan pemberian vaksinasi masal kepada masyarakat Desa Sepang mulai dari vaksinasi dosis pertama hingga dosis kedua. Perbekel Sepang juga mengapresiasi atas atusias  dan kesadaran masyarakat yang sangat tinggi dalam mengikuti pelaksanaan vaksin.

“Semoga dengan dilakukan vaksin hingga dosis kedua ini, masyarakat Desa Sepang telah memiliki antibodi yang bagus sehingga tidak mudah terpapar virus Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu Petugas Puskesmas Busungbiu II menyampaikan bahwa untuk masyarakat Desa Sepang yang belum mandapatkan vaksin dosis kedua hingga saat ini, dapat mengkuti vaksin jadwal selanjutnya dengan melaporkan diri ke kantor Perbekel Sepang dan Pihak Puskesmas akan membuat jadwal susulan.

Komentar atas Vaksin Dosis II Astrazeneca Masyarakat Desa Sepang (Vaksin Dosis I Tanggal 02 Juli 2021)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar