Program PISEW Kecamatan Busungbiu Telah Sampai Pada Tahap Pelaksanaan Pembangunan

Operator: Putu Wirya Sunantra 27 Agustus 2021 10:06:09 WITA

PISEW merupakan program yang dilaksanakan untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan, serta meningkatkan kualitas permukiman perdesaan dengan mengoptimalkan pontesi wilayah.

Tahap Pelaksanaa Pembangunan Program PISEW merupakan pengerjaan fisik yang menjadi target dan sasaran proyek. Desa Sepang dan Sepang Kelod yang menjadi sasaran proyek  Program PISEW di wilayah Kecamatan Busungbiu Tahun Anggaran 2021 telah sampai pada tahap pelaksanaan pembangunan. Dua titik proyek Program PISEW berupa jalan rabat beton yang berada di wilayah Desa Sepang telah mulai pengerjaannya dari tanggal 24 Agustus 2021 lalu, sementara satu titik proyek program PISEW yang berada di Desa Sepang kelod masih dalah proses droping material. 

Dari hasil pemantuan dilapangan, sehari setelah diadakan pertemuan Pra Kontruksi Program PISEW Kecamatan Busungbiu tanggal 16 Agustus yang lalu, UD Sari Kerti yang ditunjuk dalam pengadaan material telah melakukan droping material dalam kurun waktu tujuh hari pada titik-titik yang telah ditentukan berupa pasir, koral dan semen.

Sistem swakelola yang diterapkan dalam pelaksanaan pembangunana program PISEW melibatkan 122 orang yang diambil dari masyarakat Dinas Kembang Rijasa untuk dua titik proyek yang ada di wilayah Desa Sepang. 122 orang tersebut dibagi menjadi lima belas kelompok kerja yang terdiri dari delapan orang disetiap kelompoknya dan dua tukang untuk kedua titik proyek. Dalam pelaksanaan dilapangan, jalan Sepang Kembang Rijasa menuju Kerobokan yang terdapat dua titik proyek pengerjaan dengan panjang 460M dan 550M tersebut melibatkan dua kelompok kerja setiap harinya. Untuk menjaga mutu dan kwalitas pekerjaan, kelompok kerja yang bertugas didampingi oleh BKAD yang terdiri dari tim pelaksana dan pengawas serta Fasilitator Masyarakat (FM).

Waktu pelaksanaan Program PISEW Kecamatan Busungbiu ditargetkan dapat diselesaikan dalam kurun waktu 100 hari dari awal pengerjaan. Selama proses pengerjaan proyek, mobilitas masyarakat khususnya pengguna kendaraan roda empat ditutup untuk sementara sedangkan untuk kendaraan roda dua dapat mencari jalan alternatif lain untuk masuk atau keluar desa.

Sementara itu, Ketua BKAD Program PISEW Kecamatan Busungbiu, I Gede Sugiartawan saat ditemui di sekretarias BKAD Jumat (27/08) membenarkan bahwa Program PISEW Kecamatan Busungbiu telah mulai pengerjaan untuk di wilayah Desa Sepang pada dua titik proyek yang berbeda. Sementara untuk satu titik yang berada di wilayah Desa Sepang Kelod masih dalam proses droping material oleh supplier. Ditambahkan pula bahwa dana yang sudah masuk ke rekening BKAD sebesar 70% untuk tahap 1.

“Tim BKAD telah bekerja secara optimal mulai dari kelengkapan administrasi hingga bisa masuk tahap pelaksanaan pembangunan, harapan kita bersama pengerjaan proyek PISEW dapat diselesaikan sebelum masa penghujan tiba,” papar Sekdes Sepang tersebut.

 

Komentar atas Program PISEW Kecamatan Busungbiu Telah Sampai Pada Tahap Pelaksanaan Pembangunan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar