Pamuspan Di Hari Tumpek Landep Bersama Perangkat Desa Sepang.

I Gede Juliana 11 April 2022 11:41:40 WITA

Hari raya tumpek landep jatuh setiap Saniscara/hari sabtu Kliwon wuku Landep, sehingga secara perhitungan kalender Bali, hari raya ini dirayakan setiap 210 hari sekali. Kata Tumpek sendiri berasal dari “Metu” yang artinya bertemu, dan “Mpek” yang artinya akhir, jadi Tumpek merupakan hari pertemuan wewaran Panca Wara dan Sapta Wara, dimana Panca Wara diakhiri oleh Kliwon dan Sapta Wara diakhiri oleh Saniscara (hari Sabtu). Sedangkan Landep sendiri berarti tajam atau runcing, maka dari ini diupacarai juga beberapa pusaka yang memiliki sifat tajam seperti keris. Sepang 9/04/2022.

Dalam rangka memperingati Hari Suci Tumpek landep Perangkat Desa Sepang Telah melangsungkan Persembahyangan/Nunas Keselamatan bersama di Kantor Perbekel Desa Sepang. Sesuai Surat Gubernur Bali Pelaksanaan Dipimpin Oleh Lurah Atau Perbekel dan pemuspan di puput oleh Jro Mangku Nyoman Rincim.


Dalam Tumpek Landep, Landep yang diartikan tajam mempunyai filosofi yang berarti bahwa Tumpek Landep merupakan tonggak penajaman, citta, budhi dan manah (pikiran). Dengan demikian umat selalu berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai – nilai agama. Dengan pikiran yang suci, umat mampu memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Ujar Perbekel sepang I Putu Agung Mahardika.

Komentar atas Pamuspan Di Hari Tumpek Landep Bersama Perangkat Desa Sepang.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar