Pembahasan Program Desa Kerthi Bali Sejahtera Desa Sepang

I Putu Wirya Sunantra 28 Oktober 2021 12:24:22 WITA

Bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Sepang telah diadakan Pembahasan Program Desa Kerthi Bali Sejahtera yang menghadirkan Tim Desa Kerti Bali Sejahtera (KBS) Kabupaten Buleleng serta diikuti oleh Perangkat Desa Sepang, Bendesa Adat Sepang, BPD, LPM, Ketua Bumdes Karsa Sejahtera, TP KK Desa dan Bhabinkamtigmas Desa Sepang, Kamis (28/10).

Acara yang dimulai pukul 09.00 Wita tersebut dibuka langsung oleh Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika. Dalam pembukannya, Perbekel menyampaikan bahwa rapat ini dilakukan sebagai tindak lanjut zoom meeting  tanggal 16 Oktober 2021 yang lalu tentang Pencanangan Pelaksanaan Program Desa Kerthi Bali Sejahtera serta melakukan pembahasan tentang Program Desa Kerthi Bali Sejahtera Desa Sepang.

Dalam kesempatan ini menghadirkan narasumber dari Koordinator Desa Kerthi Bali Sejahtera Desa Sepang, Dewa Gede Suarjaya. Dewa Gede Suarjaya menjelaskan bahwa untuk menjalankan Program Desa Kerthi Bali Sejahtera perlu dilakukan penggalian potensi Desa Sepang dan Desa Adat Sepang untuk mendukung program tersebut dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

Lebih lanjut narasumber mengajukan pertanyaan berupa kuesioner kepada para peserta rapat. Kuesioner tersebut berisikan lima Program Desa Kerthi Bali Sejahtera yakni Pengolahan sampah berbasis sumber, Pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai, Perlindungan danau, mata air, sungai dan laut, Pemasaran dan pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan indrustri lokal Bali serta program yang terakhir adalah Pertanian organik.

Pria yang berasal Desa Pucak Sari tersebut melanjutkan kuesioner mengenai delapan program tambahan  Desa Kerthi Bali Sejahtera yang meliputi Sosialiasi Busana Adat Bali, Pengembangan perlindungan dan pemanfaat busana adat Bali, Pelestarian seni dan budaya, Tarian sakral, Perlindungan dan penggunaan bahasa Bali, Perlindungan pura, pratima dan simbol desa adat, Sistem pengamanan berbasis desa adat, dan Penggunaan kain tenun endek Bali.

Semua kuesioner yang diajukan oleh Tim Koordinator Desa Bali Kerthi Sejahtera Desa Sepang dijawab langsung oleh peserta rapat dan lebih banyak dijelaskan oleh Perbekel Sepang dan Bendesa Adat Sepang.

Secara keseluruhan kuesioner tersebut berisikan pertanyaan mengenai sosialiasi program, peran serta Desa dan Desa Adat, peraturan/awig-awig serta kendala – kendala yang dihadapi terkait lima Program Desa Kerthi Bali Sejahtera dan delapan program tambahan  Desa Kerthi Bali Sejahtera.

Komentar atas Pembahasan Program Desa Kerthi Bali Sejahtera Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar