Kegiatan Prolanis Puskesmas Busungbiu II di Desa Sepang

I Putu Wirya Sunantra 18 Oktober 2021 10:47:12 WITA

Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau yang sering disingkat dengan Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Semenjak adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan Prolanis di Desa Sepang sempat ditiadakan sebagai antisipasi dalam penyebaran Covid-19 serta mengikuti anjuran dari pemerintah dalam penangan Covid-19. Melihat kasus perkembangan Covid-19 yang sudah melandai, Puskesmas Busungbiu II kembali melakukan kegitan Prolanis di Desa Sepang yang bertempat di Gedung Serbaguna Dharma Bakti Sepang dengan menyasar masyarakat Desa Sepang peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi), Senin (18/10).

Dalam kegiatan ini, Tim Medis dari Puskesmas Busungbiu II melakukan pengecekan kesehatan yang meliputi pengukuran berat badan, pengukuran tekanan darah, pengecekan gula darah, pengambil sampel darah dan urine serta memberikan penyuluhan kesehatan kepada para peserta Prolanis Desa Sepang. Dalam kesempatan ini, Puskesmas Busungbiu II mendatangkan tim medis dari Laboratorium Kesehatan Prodia dalam melakukan mengecekan gula darah.

Tujuan kegiatan Prolanis adalah untuk  mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Disela-sela kegiatan salah satu petugas Puskesmas Busungbiu II menyampaikan, melihat perkembangan kasus Covid-19 yang sudah melandai kegiatan Prolanis di Desa Sepang akan runti dilakukan setiap  bulannya dengan tujuan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi para peserta Prolanis Desa Sepang.

Komentar atas Kegiatan Prolanis Puskesmas Busungbiu II di Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar