Desa Sepang Ikuti BIMTEK SISUPEL

I Putu Wirya Sunantra 15 Oktober 2021 15:47:52 WITA

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Busungbiu telah diadakan Bimtek Aplikasi SISUPEL oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleng yang diikuti oleh Desa Se-Kecamatan Busungbiu, Jumat (15/10). Dalam kegiatan ini, Desa Sepang diwakili oleh Operator Desa Sepang

Kegiatan Bimtek yang dimulai pukul 09.00 Wita tersebut dibuka oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten  Buleleng. Dalam pembukaan disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng meluncurkan inovasi “Sistem Informasi Surat Pengesahan Lembaga” (SISUPEL) dalam mengurus kelembagaan sebagai syarat permohonan hibah. Inovasi SISUPEL memberikan manfaat kepada masyarakat untuk mengefisienkan waktu dan biaya dalam mengurus pengesahan lembaganya, sehingga masyarakat tidak perlu report ke dinas terkait. Kedepannya bukan hanya Dinas Kebudayaan yang akan menerapkan aplikasi SISUPEL, Dinas – dinas lainya pun akan menerapkan.

Materi Bimtek SISUPEL disampaikan  oleh Staff dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng. Dalam kesempatan ini narasumber mengajarkan bagaimana penggunaan aplikasi SISUPEL mulai dari setting awal hingga bagaimana aplikasi SISUPEL digunakan. Operator Desa akan bertugas untuk pengoperasikan aplikasi SISUPEL dalam membantu masyarakat mengurus pengesahan kelembagaan.

Lebih lanjut, narasumber menjelaskan secara terori dan praktek mengenai tiga tahapan alur kerja operator desa dalam mengoperasikan aplikasi SISUPEL. Adapun tiga tahapan tersebut adalah Pengimputan Data, Pengiriman berkas, dan Cetak Surat Pengesahan.

Estimasi launching dari aplikasi SISUPEL dapat dilaksanakan minggu ketiga dibulan November 2021. Sebelum aplikasi ini launching operator desa diharapkan dapat melakukan uji coba dan belajar cara mengoperasikan aplikasi ini dan apabila ada kendala dapat berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan melalui WA Group yang nantikan akan dibuat.

Komentar atas Desa Sepang Ikuti BIMTEK SISUPEL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar