Pertemuan Pra Kontruksi Program PISEW Kecamatan Busungbiu Tahun Anggaran 2021

I Putu Wirya Sunantra 16 Agustus 2021 20:58:32 WITA

Bertempat di Sekretariat BKAD (Kantor Perbekel Sepang) telah diadakan Pertemuan Pra Kontruksi dalam pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) Kecamatan Busungbiu Tahun Anggaran 2021 yang dihadiri oleh Camat Busungbiu, Perbekel Sepang dan Sepang Kelod, BPD Desa Sepang dan Sepang Kelod, LPM ,Tim BKAD, Fasilitator Masyarakat, serta perwakilan TP PKK, Senin (16/08).

Acara dibuka langsung oleh Ketua BKAD, I Gede Sugiartawan, dalam pembukaannya menyampaikan dalam pertemuan ini akan membahas mengenai spesifikasi pekerjaan, organisasi kerja serta tata cara pelaksanaan kontruksi dan jadwal pelaksanaan. Tim BKAD telah menyelesaikan tahapan-tahapan adimistrasi baik dari awal pembentukan BKAD hingga pembuatan rekening untuk program PISEW Kecamatan Busungbiu.

Dijelaskan pula bahwa program PISEW untuk Desa Sepang mendapatkan 2 titik (jalan Sepang Kembang Rijasa menuju Kerobokan) yaitu sepanjang 460M dan 550M. Sementara untuk Sepang Kelod (jalan Asah Badung menuju Asah Bau) dengan panjang 196m.

Sekdes Desa Sepang tersebut juga menambahkan untuk pengadaan bahan tidak melakukan tender tetapi penunjukan langsung dengan mensurvei harga yang terendah dari supplier yang ada di kedua desa. Dan dari hasil surve, UD Sari Kerti yang memberikan harga terendah.

Fasilitator Masyarakat (FM) pelaksanaan PISEW Kecamatan Busungbiu, I Gusti Ngurah Agung Indrayana, ST menyampaikan bahwa pelaksanaan program PISEW sudah sampai dalam Pra Kontruksi dengan posisi Desain dan RAB yang sudah diselesaikan.

Lebih lanjut FM memaparkan tentang tiga hal yang ada dalam Pra Kontrusi. Yang pertama adalah Spesifikasi Pekerjaan yang meliputi ukuran beton dengan lebar 2,5M dan Tebal 15cm, melakukan urugan sirtu sedalam 5cm, pengerjaan plastik, mutu beton adalah K175 dengan sistem campuran 123 (1 ember semen, 2 ember pasir, 3 ember koral) serta sepanjang 4M akan ada sekat pemutus.

Yang kedua adalah Organisasi Kerja meliputi terkait pengerjaan proyek dilapangan, management pekerja yang digunakan sehingga pengerjaan dapat dilakukan secara maksimal. Untuk Desa Sepang telah menyiapkan kurang lebih 117 pekerja sementara untuk di wilayah Desa Sepang Kelod menyiapkan 50 orang tenaga kerja. Nantinya akan dibentuk kelompok kerja dengan anggota 12-15 orang per titik kerja.

Yang ketiga adalah tata cara pelaksanaan kontruksi dan jadwal pelaksanaan. Dalam hal ini yang perlu dilakukan sebelum menentukan jadwal pelaksanaan kerja adalah pembersihan badan jalan serta melakukan drop bahan pada titik-titik yang telah ditentukan.

Pria yang berasal dari Karangasem tersebut juga menekankan kepada kepada supplier, pada saat pengiriman bahan agar berkoordinasi dengan tim pelaksana lapangan. Disetiap pengiriman diharuskan membawa nota dengan mencatat nomor DK dan waktu pengiriman. Diharapkan dalam akhir bulan ini drop bahan sudah selesai dilakukan.

Seusai makan siang bersama, Tim BKAD dan Fasilitator Masyarakat melakukan pemasangan patok ke lokasi propyek dengan jarak patok 25M. Pemasangan Patok dilakukan pada dua titik di jalan Sepang Kembang Rijasa menuju Kerobokan dan satu titik di jalan Asah Badung menuju Asah Bau.

 

Komentar atas Pertemuan Pra Kontruksi Program PISEW Kecamatan Busungbiu Tahun Anggaran 2021

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar