BPD Sepang Selenggarakan MUSDES Penyusunan RKPDesa Tahun Anggaran 2022

I Putu Wirya Sunantra 05 Agustus 2021 12:35:09 WITA

Dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif, berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa perlu dilakukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) setiap tahunnya.

Menyikapi hal tersebut, Badan Musyawarah Desa (BPD) Sepang menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Sepang Tahun Anggaran 2022 di Kantor Perbekel Desa Sepang. Dalam Musdes kali ini dihadiri oleh Pendamping Desa, Perbekel Sepang bersama Perangkat Desa, Ketua LPM, Ketua TP-PKK, Ketua PKK Dusun se-Desa Sepang, Kelian-Kelian Subak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Perwakilan Kelompok Perempuan, Perwakilan Kelompok Tani, Perwakilan Masyarakat Miskin, Perwakilan BUMDesa, Kamis (05/07).

Musdes dibuka oleh Ketua BPD Sepang, Putu Agus Astarawan mengatakan bahwa mudes ini adalah acara rutin tahunan dalam  penyusun rencana kerja pemerintah desa dengan beberapa agenda penting terkait dengan persiapan penyusunan RKPDesa Sepang Tahun Anggaran 2022 yakni Pencermatan RKPDesa Tahun Berjalan, Pencermatan Ulang RPJMDesa, Penyampaian Pandangan dan Pokok-Pokok Pikiran BPD, serta pembentukan Tim Verifikasi Desa Sepang.

Dalam pencermatan RKPDesa Sepang Tahun Anggaran 2021 yakni penyampaian realisasi RKP Desa per 31 Juli 2021 oleh Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika mengungkapkan bahwa untuk anggaran tahun 2021 yang sudah direalisasikan secara keseluruhan telah  mencapai lebih dari 50% realisasinya. Namun perlu diketahui, ada beberapa program yang tidak bisa terealisasi akibat adanya refocusing anggaran dalam upaya pencegahan Covid-19. Perbekel juga menambahkan anggaran yang belum terealisasi di Tahun 2021 agar dapat dimasuk kembali pada Tahun Anggaran 2022.

Sementara itu, menanggapi penyampaian realisasi RKPDesa per 31 Juli 2021 oleh Perbekel Sepang, Ketua BPD Sepang menyampaikan  bahwa semua anggaran yang telah direaliasikan telah berjalan secara normatif. Kedepannya Pemdes diharapkan terus meningkat pelayanan kepada masyarakat dalam segala bidang.

Dalam kesempatan ini, dibahas dan disusun beberapa pembangunan fisik yang belum terealisasi di tahun 2021 dan penambahan usulan baru rencana pembangunan desa untuk tahun anggaran 2022 dari empat Banjar Dinas se-Desa Sepang serta penambahan usulan dari Rembuk Sunting.

Tim Verifikasi yang nantinya akan bekerja dalam hal verifikasi keberadaan sasaran rencana pembangunan desa Tahun Anggaran 2022 juga dibentuk dalam Musdes ini. Disepakati dalam kesempatan tersebut sebagai Ketua Tim adalah Kadek Wana Pranata dibantu seorang Sekretaris Tim Nyoman Winingsih, S.Pd  dan 3 orang anggota yakni dewa Made Sedan,  Made Daster serta Kadek Puspa Dewi

Komentar atas BPD Sepang Selenggarakan MUSDES Penyusunan RKPDesa Tahun Anggaran 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar