Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Untuk Penangan Covid-19 dan PPKM Mikro

I Putu Wirya Sunantra 30 Juni 2021 14:10:42 WITA

Dalam rangka pelaksanaan pengawasan penyaluran dan penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa telah penyelenggaraan kegiatan workshop tentang Hasil Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Untuk Penanganan Covid-19 dan PPKM Mikro Desa di Kabupaten Buleleng. Workshop yang berlangsung di  Gedung Pertemuan Mr. I Gusti Pudja Eks. Pelabuhan Buleleng Jalan Erlangga Singaraja tersebut diikuti oleh camat se-Kabupaten Buleleng dan perbekel se-Kabupaten Buleleng. Desa Sepang dihadiri langsung oleh Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika, Selasa (29/06).

Naramsumber pertama adalah Anggota Komite IV DPD RI Dapil Provinsi Bali, H.Bambang Santoso, menyampaikan materi tentang perananan DPD RI dalam pembangunan desa khususnya dalam masa pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PPKM Mikro Desa adalah sebagai pengawas implementasi kebijakan perundang-undangan yang berkaitan dengan desa, memastikan penggunaan dana desa dalam rangka pembangun desa sesuai dengan arahan pembangunan desa dengan tata kelola yang baik (SDGs Desa), serta DPD RI menajadi corong utama dalam menyerap dan menyampaikan aspirasi masyarakat dan daerah terkait problematika pembangunan desa demi tercapai arahan pembangunan desa yang tertuang dalam SDgs Desa.

Narasumber kedua dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia secara daring menyampaikan materi tentang pengelolaan keuangan desa dalam pelaksanaan PPKM Mikro dan posko penangan Covid-19 di desa yang meliputi bagaimana tata cara pelaksanaan penganggaran Covid-19 dan PPKM Mikro, langkah strategis penangan covid-19, dan realisasi penyaluran dana desa berupa BLT dan penangan Covid-19.

Narasumber yang ketiga adalah Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bali, Tri Budhianto memaparkan materi tentang Pengelolaan Dana Desa yang meliputi Perkembangan dana desa, Refocusing TKDD, BLT dana desa, Dana desa untuk penanganan Covid-19, Mekanisme penyaluran dana desa serta peran serta Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Desa dalam melakukan pengelolaan dana desa.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Bali sebagai narasumber terkahir menyampaikan materi tentang pengawalan akuntabilitas penyaluran dan penggunaan dana desa serta PPKM Mikro di desa. Dalam materi tersebut yang dibahas adalah prioritas penggunaan Dana Desa di masa pandemi Covid-19, Evaluasi penyaluran dan penggunaan Dana Desa, Hasil Audit BLT-DD, dan Evaluasi PPKM Mikro di tingkat desa.

Komentar atas Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Untuk Penangan Covid-19 dan PPKM Mikro

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar