Bimtek Aplikasi SIPADES 2.0 Online oleh Dinas PMD Kabupaten Buleleng

I Putu Wirya Sunantra 18 Mei 2021 21:46:18 WITA

Bertempat di Ruang Rapat Dinas PMD Kabupaten Buleleng telah diselenggarakan Bimtek Aplikasi SIPADES 2.0 Online. Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Kaur Tata Usaha & Umum Desa Sepang, I Gede Prawira Santosa, Selasa (18/05).

SIPADES 2.0 merupakan aplikasi yang resmi dari Pemerintah Indonesia yang dikembangkan oleh Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri untuk digunakan oleh seluruh Pemerintah Desa dalam pengelolaan aset desa sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku. SIPADES 2.0 merupakan alat bantu Pengelola/Pengurus Barang Milik Desa guna pengadministrasian dan inventarisasi aset Desa sebagaimana amanat Permendagri 1/2016 dan sesuai dengan tupoksi Kaur Umum & TU dalam pasal 7 Permendagri 84/2015. SIPADES 2.0 dibangun dan dikembangkan menggunakan teknologi basis web, sehingga data dan informasi terkait aset Desa dapat diperoleh secara cepat dan akurat. Secara khusus di Kabupaten Buleleng, Pengelolaan Aset Desa diatur dalam Peraturan Bupati Buleleng Nomor 80 Tahun 2017

Dalam Bimtek kali ini, Kasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Madong Hartono, S.Pd. sebagai narasumber memberikan bimbingan teknis penginputan pada aplikasi SIPADES 2.0 Online yang meliputi Pengisian Data Perangkat dan Pengguna, dan Menu Master untuk dokumen-dokumen yang diperlukan serta Manajemen Aset yang meliputi Perencanaan, Pengadaan, Penatausahaan (Register, Kondisi, Kapitalisasi), Pengamanan, Penggunaan, Pemanfaatan, Penilaian, dan Penghapusan.

Bimtek yang berlangsung selama 11 hari dimulai dari tanggal 17-27 Mei 2021 bertujuan dalam rangka mengoptimalisasikan pelaksanaan pengelolaan aset Desa sebagaimana yang telah tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 tentang pengelolaan Aset Desa.

Komentar atas Bimtek Aplikasi SIPADES 2.0 Online oleh Dinas PMD Kabupaten Buleleng

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar