Webiner Dinas PMD Kabupaten Buleleng tema “Optimalisasi SID Dalam Masa Pandemi Covid19”

I Putu Wirya Sunantra 11 Mei 2021 09:28:27 WITA

Dinas PMD Kabupaten Buleleng telah melaksanakan  webinar dengan tema Optimalisasi Sistem Informasi Desa Dalam Masa Pandemi Covid19. Peserta dari webinar adalah Operator Desa dalam hal ini Desa Sepang diwakili oleh I Gede Prawira Santosa, Senin (10/05).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng, diwakili oleh Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Buleleng dalam sambutanya sekaligus membuka webinar menyampaikan bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini, website desa (SID) merupakan salah satu hal penting yang sangat perlu dioptimalisasi guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya berkaitan dengan penyediaan informasi desa serta akan melancarkan dan mempercepat tugas-tugas di desa. Kedepan perlu dibentuk PPID Pembantu di tingkat desa.

“Sebagai informasi, dengan nomenklatur yang baru di Dinas PMD Kabupaten Buleleng, saat ini SID ditangani Bidang Pemdes Dinas PMD yang sebelumnya ditangani oleh Bidang PMDKP,” tuturnya.

Tim Teknis Pengembangan Website Desa Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng sebagai narasumber dalam webinar menyampaikan saat ini web desa (SID) rentan dengan peretasan/hacker. Pihak Kominfosandi telah mengupayakan keamanan extra guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Diharapakan juga peran serta dan dukungan dari Operator Desa guna ikut mengamankan data dalam SID.

Ada beberapa ancaman keamanan sistem informasi yang perlu ditanggulangi. Pertama adalah Internal Instansi yakni peretasan dari dalam instansi. Kedua, Eksternal Instansi adalah peretasan dari luar instansi atau orang lain yang memahami teknologi informasi dengan alasan tidak suka dengan Pemerintah Desa atau maksud lain. Ketiga adalah Sengaja, perusakan data dan informasi yang dilakukan oleh pengelola dalam hal ini Operator Desa. Dan yang keempat adalah Tidak Sengaja, peretasan atau perusakan dan kerusakan yang diakibatkan karena kelalaian pengelolaan website.

Oleh karena hal tersebut, maka keamanan (password) perlu dijaga dengan extra dan tidak sekali-kali diberikan kepada orang lain demi mejaga kerahasian data base yang terdapat di web desa (SID).

Komentar atas Webiner Dinas PMD Kabupaten Buleleng tema “Optimalisasi SID Dalam Masa Pandemi Covid19”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar