Bank Sampah Sami Asih Desa Sepang Lakukan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Plastik di Desa Bongancina

I Putu Wirya Sunantra 02 Mei 2021 21:47:12 WITA

Bertempat di Aula Kantor Desa Bongancina Kader Bank Sampah Sami Asih Desa Sepang didampingi Perbekel Desa Sepang dan BPD Desa Sepang lakukan sosialisasi pengelolaan sampah plastik di Desa Bongancina. Dari Desa Bongancina hadir Perbekel Desa Bongancina, BPD Desa Bongancina, Bumdes Desa Bongancina, Tim PKK Desa Bongancina serta Unsur Adat Desa Bongancina, Minggu (02/05).

Sampah plastik selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan baik pencemaran tanah maupun laut. Sifat sampah plastik tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik, butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami. Untuk pencemaran di laut, Indonesia merupakan penghasil sampah plastik laut terbesar kedua di dunia.

Pemerintah pusat maupun daerah melakukan berbagai upaya untuk dapat mengurangi dampak negatif sampah plastik. Seperti yang dilakukan di Desa Sepang, melalui Bank Sampah Sami Asih telah dilakukan pengelolaan sampah plastik.

I Nyoman Rincim, Ketua Bank Sampah Sami Asih mengatakan bahwa Bank Sampah memiliki peluang besar untuk menangani masalah sampah plastik di Desa Sepang. Ia mengatakan, Bank Sampah merupakan contoh nyata dari gerakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang dicantumkan pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.13 Tahun 2012. Dalam kesempatan ini, Pemerintah Desa Sepang melalui Bank Sampah Sami Asih berkesempatan memberikan sosialisasi pengelolaan sampah plastik baik yang organik dan anorganik kepada Desa Bongancina. Dipaparkan juga mengenai keuntungan yang nanti bisa didapatkan dari pengelolaan sampah plastik baik secara lingkungan dan ekenomi. Untuk menindak lanjuti sosialisasi ini perlu adanya kesediaan dari masyarakat Desa Bongancina dalam menjalankan kegiatan pengelolaan sampah plastik melalui Bank Sampah yang terbentuk di Desa Bongancina.

“Kedepannya, semoga Bank Sampah Sami Asih Desa Sepang bisa melakukan kontrak kerja sama dalam pengurusan sampah plastik dengan Desa Bongancina,” ungkapnya.

 

 

Komentar atas Bank Sampah Sami Asih Desa Sepang Lakukan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Plastik di Desa Bongancina

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar