Evaluator Yayasan Maha Bhoga Marga Lakukan Evaluasi External di Desa Sepang

I Putu Wirya Sunantra 22 April 2021 23:28:51 WITA

Maha Bhoga Marga (MBM) yang merupakan sebuah yayasan advokasi dan pemberdayaan masyarakat melaksankan kegiatan evaluasi external terkait pendampingan program MBM di Desa Sepang, kamis (22/04). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Sepang langsung dihadiri oleh Pengurus MBM dan Evaluator MBM, turut hadir pula Perbekel Desa Sepang, Sekdes Desa Sepang, para Kelian Banjar Dinas Serta Perangkat Desa Sepang.

Kegiatan yang dimulai pukul 11.00 Wita dibuka langsung oleh Staf Advokasi Yayasan MBM, I Gede Eka Wirantoyo. Dalam pembukaannya, hal yang paling ditekankan adalah pada kurun waktu tertentu MBM akan meninggalkan Desa Sepang setelah dirasa mampu atau sudah bisa mandiri dalam menjalankan program-program yang telah diberikan. Meskipun demikian MBM akan selalu support kedepannya untuk kemajuan Desa Sepang. “Keramah tamahan dan antusias Pemerintah Desa Sepang sangat kami rasakan sampai saat ini dan kehadiran kami juga sangat diterima,” jelasnya.

Perbekel Desa Sepang, I Putu Agung Mahardika dalam sambutanya mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Maha Bhoga Marga (MBM) untuk kerja sama yang telah dijalani  selama kurun waktu 3 tahun ini serta pendampingan dalam bidang advokasi kebijakan, pelatihan dan permodalan. Masyarakat dan Pemerintah Desa Sepang telah merasakan manfaat langsung bantuan dari Yayasan MBM seperti penyusunan RPJMDes, air bersih, pengolahan pakan ternak, web desa dan yang terbaru adalah kepedulian sampah hingga terbentunya Bank Sampah Samiasih Desa Sepang. Dalam penerapan program-program dari MBM telah memperdayakan perempuan, masyarakat miskin bahkan sampai dengan penyandang disabilitas.

Evaluator MBM, Hendry Pirada, menanyakan beberapa poin penting sebagai evaluasi external terkait pendampingan MBM di Desa Sepang. Poin yang pertama, kerja sama atau pelatihan apa saja yang telah diberikan oleh MBM serta manfaat yang telah didapatkan. Poin kedua, bagaimana keterlibatan atau memperdayakan perempuan, masyarakat miskin dan penyandang disabilitas dalam menjalan program dari MBM. Dan poin yang terakhir, kendala apa yang dihadapi dilapangan serta bagaimana strategi yang diterapakan untuk kelanjutan dari program MBM.

Semua poin yang telah ditanyakan oleh Evaluator MBM langsung dijawab dan dijelaskan oleh Perbekel Desa Sepang, Sekdes Desa Sepang serta Kelian Banjar Dinas. Dalam kesempatan ini, Pemerintah Desa Sepang melalui Perbekel Desa Sepang dan Sekdes Desa Sepang menyampaikan beberapa usulan kepada MBM. Usulan yang disampaikan adalah pelatihan atau training berkelanjutan pada bidang tertentu, system management BUMDes serta system pengelolaan Hutan Desa (HD).

Komentar atas Evaluator Yayasan Maha Bhoga Marga Lakukan Evaluasi External di Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar