Pelatihan Posko Covid-19 oleh Satgas Nasional Bidang Data & IT

I Putu Wirya Sunantra 12 April 2021 23:05:21 WITA

Bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Sepang, Jumat (09/04) sore dilaksanakan Pelatihan Posko Covid-19 oleh Satgas Nasional Bidang Data & IT. Pelatihan yang dilakukan secara online melalui live Youtube dihadiri oleh Perkebel Sepang, I Putu Agung Mahardika sekaligus sebagai penanggung jawab Posko Satgas Covid-19 Desa Sepang, Bhabinkantibmas Desa Sepang, Babinsa Desa Sepang, Perwakilan Limnas Desa Sepang, Perwakilan Pecalang Desa Sepang  serta Perangkat Desa yang hadir.

Pelatihan yang berlangsung selama 2,5 jam yang diisi langsung oleh Satgas Nasional Bidang Data & IT yang merupakan implementasi penerapan PPKM Mikro sesuai dengan tujuannya untuk menekan kasus dan melandaikan kurva Covid-19 dengan skenario pengendalian pada level terkecil (Bali Banjar Dinas). Perlu dipahami ada beberapa zona sebagai kreteria penerapan PPKM Mikro. Zona Hijau adalah zona yang paling aman karena tidak ada terkonfirmasi positif atau nihil, Zona Kuning terdapat 1-2 rumah yang terkonfirmasi positif, Zona Orange merupakan terdapat 3-5 rumah yang terkonfirmasi positif dan Zona Merah jika terdapat >5 rumah yang terkonfirmasi positif. Zona-zona tersebut akan menjadi penentu indikator penerapan PPKM Skala Mikro.

Selama ini pokso-posko penanganan Covid-19 baik dari level Kelurahan/Desa hingga level Daerah sudah banyak yang terbentuk. Untuk mengumpulkan data secara rutin dan berkala, Satgas Nasional Bidang Data & IT menyediakan aplikasi “BLC Monitoring”. Aplikasi ini akan mencatat, monitoring dan evaluasi capaian yang dapat dipantau secara berjenjang mulai dari level Posko Kelurahan/Desa, level Kecamatan, level Kab/Kota, Level Provinsi, hingga Pemerintah Pusat. Peran serta TNI/POLRI/Duta PP/Relawan sangat dibutuhkan dalam mengentry data kedalam aplikasi “BLC Monitoring” dengan cara melaporkan posko yang sudah terbentuk dan pengumpulan data agregat kasus Covid-19 yang dapat diakses melalui smartphone. Disamping itu pula, Satgas Nasional Bidang Data & IT menyediakan Dasboard Logistik Posko yang berbasis Web yang dapat diakses melalui PC atau Laptop. Dasboard Logistik Posko ini memiliki salah satu fungsi untuk  mencatat barang masuk dan keluar terkait penerapan PPKM Mikro karena adanya Covid-19.

Komentar atas Pelatihan Posko Covid-19 oleh Satgas Nasional Bidang Data & IT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar