Verifikasi Lokasi TPS3R oleh Dinas Lingkungan Hidup dan PUTR Kabupaten Buleleng di Desa Sepang

I Putu Wirya Sunantra 06 April 2021 14:08:00 WITA

Tenaga fasilitator lapangan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng dan BPPW Bali serta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng melakukan verifikasi lokasi TPS3R yang diajukan oleh Desa Sepang. Rombongan diterima langsung oleh Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika di ruangannya, Selasa (06/04).

Kedatangan rombongan verifikator ini berkaitan dengan masuknya usulan dari Desa Sepang dalam long list usulan pebangunan TPS3R di Kabupaten Buleleng. Secara keseluruhan, terdapat delapan desa se-Kabupaten Buleleng yang termasuk dalam long list dimaksud.

Dalam kesempatan itu, tim verifikator mengungkapkan bahwa terdapat berbagai macam persiapan sebelum desa ditetapkan sebagai penerima program pembangunan TPS3R dimaksud. Salah satu di antaranya adalah verifikasi lokasi yang akan dijadikan tempat TPS3R, yang meliputi kelayakan tempat, legalitas tanah, dan lain sebagainya.

Disamping itu, disinggung pula persiapan-persiapan yang harus diperhatikan manakala Desa Sepang nantinya terpilih sebagai salah satu penerima program. Persiapan itu salah satunya dari pelaksanaan awal maupun pasca program. Oleh karena itu, dukungan dari desa sangat diperlukan dalam hal ini, khususnya mengenai penganggaran operasional dalam APBDesa. Hal ini dimaksudkan agar pasca pembangunan, program dapat terus berjalan dan tidak mandeg di tengah jalan.

Semetara itu, Perbekel Sepang mengungkapkan bahwa penyediaan lahan untuk lokasi TPS3R telah disiapkan oleh Desa Sepang, lahan tersebut seluas 6 are dengan sertifikat milik desa. Selain itu, terkait rencana jangka panjang, Perbekel menyampaikan akan memberdayakan Bank Sampah Sami Asih yang sudah beroperasi di Desa Sepang. Disampung itu, untuk meningkatkan jumlah sampah yang akan dikelola, pihaknya merencanakan untuk melakukan kerjasama dengan desa tetangga, khususnya desa-desa yang berada di kawasan Busungbiu bagian atas.

Kunjungan tim verifikator ini kemudian berlanjut melakukan cek lokasi TPS3R didampingi oleh Perbekel bersama Perangkat Desa Sepang.

Komentar atas Verifikasi Lokasi TPS3R oleh Dinas Lingkungan Hidup dan PUTR Kabupaten Buleleng di Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar