Perang Melawan Sampah, Tiga Pemdes Serentak Lakukan Pembersihan di Kawasan Pemelasan

Operator: I Gede Prawira Santosa 27 Maret 2021 10:25:16 WITA

Upaya untuk melestarikan hutan lindung agar terbebas dari sampah di kawasan Pemelasan yang merupakan perbatasan antara Desa Sepang, Desa Pucaksari, dan Desa Telaga nampaknya menemui tantangan serius. Pasalnya, tidak jarang ditemukan warga yang bandel dan membuang sampah sembarangan di kawasan tersebut. Akibatnya, timbunan sampah yang didominasi oleh sampah plastik nampak menjadi pemandangan yang tak asing di sepanjang jalan Kabupaten yang membelah kawasan hutan lindung tersebut.

Menyikapi hal itu, tiga Pemdes yang meliputi Pemdes Sepang, Pucaksari, dan Telaga bersama stakeholders yang ada di masing-masing desa serentak melakukan pembersihan untuk memungut sampah-sampah tersebut, Jumat (26/03) pagi. Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Camat Busungbiu bersama staff, pihak Polsek Busungbiu, Pol PP, Polhut, dan masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika merencanakan untuk melakukan penanganan sampah pada setiap hari Jumat mendatang. Upaya yang akan dilakukan secara kontinyu ini nantinya akan melibatkan unsur-unsur dari ketiga desa tersebut. Selain itu, sinergi antar desa untuk melaksanakan pemantauan kepada warga yang membuang sampah di kawasan hutan lindung itu perlu ditingkatkan, guna terciptanya kenyamanan dan kebersihan lingkungan tersebut.

Sementara itu, Camat Busungbiu, I Gede Putra Aryana, S.Sos., MAP mengungkapkan agar nantinya dibuatkan baliho larangan membuang sampah sebagaimana Perda Nomor 6 Tahun 2018 serta mencantumkan sanksi yang tertera pada Perda tersebut. Hal ini dinilai sebagai bentuk edukasi sekaligus larangan serius, yang mana apabila ditemukan warga yang membuang sampah sembarangan agar ditangkap dan dilaporkan kepada pihak yang berwajib untuk selanjutnya diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Komentar atas Perang Melawan Sampah, Tiga Pemdes Serentak Lakukan Pembersihan di Kawasan Pemelasan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar