Yayasan MBM Bersama Bali Wastu Adakan Sharing tentang Pengelolaan Sampah Plastik di Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 25 Februari 2021 21:54:49 WITA

Yayasan Maha Bhoga Marga (MBM) bersama Bali Wastu Provinsi Bali adakan kegiatan sharing tentang pengelolaan sampah plastik di Desa Sepang, Kamis (25/02). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Sepang ini turut dihadiri oleh Ketua Bank Sampah Samiasih Desa Sepang, para Kelian Banjar Dinas, TP PKK Desa, BPD, LPM, Pendamping Desa, dan Tokoh Adar.

Adapun poin penting yang disampaikan dalam sharing kali ini adalah mengenai pengurangan sampah plastik dan mengolah sampah plastik menjadi barang yang berguna. Penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) adalah hal yang sangat penting dalam upaya pengolahan sampah plastik tersebut.

Reuse atau penggunaan kembali adalah kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak dipakai. Contohnya adalah menggunakan kembali botol bekas yang masih layak untuk tempat minum, dan sebagainya.

Reduce atau pengurangan adalah kegiatan mengurangi pemakaian suatu barang atau pola perilaku manusia yang dapat mengurangi produksi sampah, serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contohnya adalah mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak bisa didaur ulang, dan sebagainya.

Recycle adalah kegiatan mengolah kembali (mendaur ulang). Pada prinsipnya, kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contohnya adalah memanfaatkan dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos, memanfaatkan barang bekas untuk dibuat kerajinan, dan lain sebagainya.

 

Sumber informasi: Kasi Pelayanan Desa Sepang, Komang Gunantara Yasa.

Komentar atas Yayasan MBM Bersama Bali Wastu Adakan Sharing tentang Pengelolaan Sampah Plastik di Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar