Tunjukkan Kinerja Baik Program PAMSIMAS Tahun 2019, Desa Sepang Terima HID Tahun 2021

Operator: I Gede Prawira Santosa 18 Februari 2021 14:54:50 WITA

Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika hadiri sosialisasi Hibah Insentif Desa (HID) Program PAMSIMAS III Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng, Rabu (17/02). Selain dari Dinas PUTR Kabupaten Buleleng sebagai penyelenggara, narasumber dalam sosialisasi ini datang dari Dinas PMD Kabupaten Buleleng dan Fasilitator PAMSIMAS Kabupaten Buleleng.

Acara sosialisasi ini terselenggara sehubungan telah diterbitkannya Keputusan Direktur Jendral Cipta Karya Nomor: 173/KTPS/DC/2020 tentang Penetapan Desa Penerima Dana Hibah Insentif Desa (HID) Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat III Tahun Anggaran 2021 Tahap I. Dalam hal ini, Desa Sepang merupakan salah satu desa penerima HID dengan biaya RKM yang bersumber dari APBN sejumlah Rp 245 juta. Sesuai RKM, dana ini digunakan untuk Pembangunan SPAM Perluasan Jaringan yang berlokasi di Pangkung Yeh Liang dan Pangkung Bukbuk, Desa Sepang.

Hibah Insentif Desa (HID) diberikan kepada Desa PAMSIMAS yang telah menunjukkan kinerja yang baik. Kriteria penilaian kinerja dimaksud antara lain adalah mempunyai kinerja keberfungsian sarana yang baik, penerapan tarif oleh KP-SPAMS dan masyarakat, serta terdapat kelompok masyarakat sudah bebas buang air sembarangan. HID diberikan untuk pengembangan SPAM dengan menambah cakupan pelayanan air minum pada desa tersebut, termasuk optimalisasi yang sudah dibangun melalui program PAMSIMAS.

Adapun tujuan PAMSIMAS HID ini yaitu memperkuat kemitraan antara Pemerintah Kabupaten dan masyarakat dalam penyediaan air minum dan sanitasi di Desa PAMSIMAS yang mempunyai tingkat keberfungsian yang baik, penguatan keberlanjutan SPAMS di tingkat Desa melalui pengaturan dan pembinaan pasca proyek, perluasan cakupan pelayanan SPAMS di tingkay desa dalam mencapai universal access, dan mendukung penguatan pemeliharaan pasca konstruksi.

Sebagai informasi, Desa Sepang telah mendapatkan program PAMSIMAS pada tahun 2019 lalu yang difokuskan untuk pembangunan jaringan air bersih dan sanitasi di Banjar Dinas Kembangrijasa dan Banjar Dinas Sepang. Selain hal itu, pengembangan kegiatan juga berhasil dilakukan dengan membangun sarana jaringan air bersih di Banjar Dinas Belulang. Oleh karena kinerja yang baik pada program PAMSIMAS tahun 2019, menjadi salah satu hal yang sangat mendukung turunnya HID untuk Desa Sepang tahun 2021 ini.

Komentar atas Tunjukkan Kinerja Baik Program PAMSIMAS Tahun 2019, Desa Sepang Terima HID Tahun 2021

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar