BUMDesa Karsa Sejahtra Selenggarakan Rapat Akhir Tahun 2020

Operator: I Gede Prawira Santosa 05 Februari 2021 20:28:49 WITA

Badan Usaha Milik Desa Karsa Sejahtra selenggarakan rapat akhir tahun guna menyampaikan laporan tahun 2020 dan program kerja tahun 2021, Jumat (05/02). Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Sepang ini dihadiri oleh beberapa unsur, meliputi Perbekel didampingi Sekretaris Desa Sepang dan para Kelian Banjar Dinas, BPD, LKD dan LAD yang di antaranya hadir Bendesa Adat Sepang dan LPM Desa Sepang, Pengurus LPHD, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sepang, serta perwakilan unsur masyarakat Desa Sepang.

Ketua BUMDesa Karsa Sejahtra, Drs. I Made Rincim Astawa dalam kesempatan tersebut menyampaikan secara ringkas laporan keuangan BUMDesa sampai dengan akhir tahun 2020. Laporan ringkas dimaksud terdiri dari Neraca Gabungan dan Laporan Rugi Laba per 31 Desember 2020.

Adapun total hasil usaha BUMDesa Karsa Sejahtra pada tahun 2020 menyentuh angka Rp 106 juta lebih yang bersumber dari beberapa usaha yang dijalankan, yakni simpan-pinjam, LPG, fotocopy, dan hutan desa.

Dalam hal ini, Ketua BUMDesa juga memaparkan mengenai beberapa hambatan yang dihadapi BUMDesa. Salah satu di antaranya mengenai keberadaan BUMDesa yang merupakan badan usaha dan bukan merupakan badan hukum. Oleh karenanya, kebijakan-kebijakan dan upaya kerjasama masih belum dapat dilakukan secara maksimal. Menyikapi hal tersebut, Ketua BUMDesa berharap dukungan dan kerjasama dari Pemerintah Desa dan BPD tetap dapat dilakukan dengan baik.

Namun demikian, pihaknya mengaku telah berupaya maksimal dalam menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa Sepang. Satu prestasi yang membanggakan adalah dengan terpilihnya Desa Sepang dalam 30 Besar Desa Brilian 2020.

Selengkapnya: Desa Sepang Raih Penghargaan 30 Besar Desa Brilian 2020

Nantinya, scale up tahun 2021 menjadi sasaran program BUMDesa Karsa Sejahtra selanjutnya. Selain itu, rencana kerjasama antar BUMDesa di wilayah Kecamatan Busungbiu bagian atas juga menjadi salah satu program tahun 2021.

Sementara itu, Ketua BPD Sepang, I Putu Agus Sastrawan mengungkapkan dukungannya kepada BUMDesa dalam upaya kerjasama dengan pihak-pihak terkait guna menggali sumber-sumber pendapatan baru. Ketua BPD menambahkan bahwa perlunya sinergitas antar lembaga untuk mengoptimalisasi usaha-usaha BUMDesa.

Sedangkan Perbekel Sepang, I Putu Agung Mahardika dalam sambutannya menekankan mengenai pemetaan usaha yang dijalankan BUMDesa agar dapat lebih ditingkatkan. Perbekel berharap agar nantinya masing-masing usaha ditangani dengan sebaik-baiknya dengan dukungan SDM yang memadai. Selain itu, Perbekel menyinggung mengenai inventaris-inventaris yang dimiliki BUMDesa dapat lebih dioptimalkan guna meningkatkan pendapatan.

Komentar atas BUMDesa Karsa Sejahtra Selenggarakan Rapat Akhir Tahun 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar