Update Data IDM Tahun 2020, Desa Sepang Stagnan di Status Desa Berkembang

Operator: I Gede Prawira Santosa 19 Juni 2020 21:43:59 WITA

Sebagai bahan untuk mendukung perhitungan pagu Alokasi Afirmasi dan Alokasi Kinerja Desa oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, maka update data Indeks Desa Membangun (IDM) menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap desa. Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa. Indeks Desa Membangun mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari Pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah Desa yaitu tipologi dan modal sosial.

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan. Perangkat indikator yang dikembangkan dalam Indeks Desa Membangun dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa. Kebijakan dan aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan. Dalam konteks ini ketahanan sosial, ekonomi, dan ekologi bekerja sebagai dimensi yang memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa. (http://idm.kemendesa.go.id/)

Dalam rangka update IDM Tahun 2020, desa-desa di Kecamatan Busungbiu melakukan kegiatan tersebut secara serentak guna dapat dilakukan pendampingan pada proses penginputannya. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Camat Busungbiu, Jumat (19/06) dengan menghadirkan Operator IDM seluruh desa se-Kecamatan Busungbiu.

Acara pendampingan update data IDM Tahun 2020 yang tetap memperhatikan protokol kesehatan ini dibuka oleh Kasi Pembangunan Kantor Camat Busungbiu, I Putu Edy Sutrisna, S.Kom yang dalam hal ini mewakili Camat Busungbiu. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Tenaga Ahli (TA) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng serta Pendamping Desa (PD) Kecamatan Busungbiu yang secara intens memberikan pendampingan input data IDM secara online oleh para Operator Desa.

Desa Sepang, salah satu dari 15 desa yang ada di wilayah Kecamatan Busungbiu yang pada tahun 2019 lalu berstatus Desa Berkembang cenderung stagnan dengan hasil update data IDM tahun ini. Status Desa Berkembang tahun ini diperoleh dari nilai IDM 0,6240. Nilai ini muncul dari akumulai nilai 0,789 pada Indeks Ketahanan Sosial (IKS), nilai 0,55 pada Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), serta nilai 0,533 pada Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL).

Adapun dimensi yang memuat beberapa indikator pada masing-masing indeks meliputi dimensi Kesehatan, Pendidikan, Modal Sosial dan Pemukiman pada Indeks Ketahanan Sosial; dimensi Keragaman Produksi, Perdagangan, Akses Distribusi, Akses Kredit, Lembaga Ekonomi dan Keterbukaan Wilayah pada Indeks Ketahanan Ekonomi; dan Indeks Ketahanan Lingkungan yang meliputi dimensi Kualitas Lingkungan serta Potensi dan Tanggap Bencana.

Komentar atas Update Data IDM Tahun 2020, Desa Sepang Stagnan di Status Desa Berkembang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar