Sudah Paham 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar? Berikut Ulasannya!

Operator: I Gede Prawira Santosa 12 April 2020 20:04:57 WITA

Sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir adalah salah satu tindakan dasar yang harus dilakukan. Tindakan sederhana ini menjadi hal yang sangat penting terlebih pada saat pandemi Covid-19 ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, mencuci tangan dilakukan bukan hanya untuk “membersihkan” tangan saja, melainkan juga membunuh kuman, bakteri atau bahkan virus penyebab penyakit yang menempel di tangan.

Word Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan agar mencuci tangan memperhatikan 6 langkah yang tepat sesuai standar WHO dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, sudahkah Anda mencuci tangan dengan 6 langkah ini? Berikut kami sajikan ulasan lengkapnya:

1. Gosok Kedua Telapak Tangan

 

Pertama, gosok kedua telapak tangan dengan cara menempelkan telapak tangan satu dengan yang lainnya. Pastikan menggosok telapak tangan hingga sabun yang dituangkan sebelumnya nampak berbusa.

2. Gosok Punggung Tangan

 

Selanjutnya, gosoklah punggung tangan secara bergantian. Gunakan telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri dan sebaliknya.

3. Gosok Sela-Sela Jari

 

Langkah berikutnya dengan menggosok sela-sela jari kedua tangan. Caranya, silangkan jari-jari tangan antara jari-jari tangan kiri dengan jari-jari tangan kanan.

4. Gosok Bagian Dalam Jari

 

Menggosok bagian dalam jari dapat dilakukan dengan mengunci jari-jari sisi dalam dari kedua tangan.

5. Bersihkan Ibu Jari

 

Selanjutnya bersihkan ibu jari dengan cara menggosok ibu jari tangan kiri berputar dalam genggaman tangan kanan, dan lakukanlah sebaliknya untuk ibu jari tangan kanan.

6. Bersihkan Kuku-Kuku

 

Langkah terakhir, bersihkan kuku-kuku jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari hingga bertemu kemudian putar pada telapak tangan yang lainnya. Lakukan cara ini secara bergantian.

Setelah selesai, bilas kedua tangan pada air yang mengalir hingga busa-busanya menghilang. Kemudian keringkan dengan handuk atau lap yang bersih. 6 langkah cuci tangan ini juga berlaku saat menggunakan hand sanitizer.

Komentar atas Sudah Paham 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar? Berikut Ulasannya!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar