Mari Cegah Penularan Covid-19, Berikut 8 Tindakan yang Penting Diperhatikan!

Operator: I Gede Prawira Santosa 11 April 2020 21:52:18 WITA

Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) merupakan suatu hal yang tidak lagi dianggap remeh. Untuk itu diperlukan upaya-upaya serius semua pihak guna memutus rantai penyebaran virus yang pertama kali menyerang manusia pada bulan Desember 2019 lalu ini.

Di Desa Sepang misalnya, pasca dibentuknya Posko Penanganan Covid-19 Terpadu Desa Sepang dan Satgas Gotong Royong Penanggulangan Covid-19 Desa Adat Sepang, berbagai upaya telah dilakukan demi penanggulangan penyebaran Covid-19 ini. Penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat umum dan rumah-rumah warga, hingga pengoperasian pos jaga dan bilik sterilisasi di pintu masuk desa adalah beberapa tindakan nyata yang dilakukan tim.

Sampai saat artikel ini diterbitkan, di Desa Sepang memang masih belum ditemukan kasus positif Covid-19. Namun demikian, antisipasi terhadap meluasnya wabah ini harus tetap dilakukan. Selain Pemerintah Desa, Desa Adat dan berbagai stakeholder yang ada di Desa, upaya-upaya pencegahan juga dibutuhkan dari masyarakat itu sendiri.

Kenyataannya, ini perang kita bersama. Pemerintah dan masyarakat harus saling mengupayakan tindakan terbaik demi kesehatan dunia pada umumnya.

Untuk itu, Perbekel Sepang, Kelian Desa Adat Sepang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Sepang mengajak seluruh masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 dengan delapan tindakan yang sangat penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran.

Berikut, kami merangkumnya sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat Desa Sepang khususnya :

1. Rajin Cuci Tangan

 

Mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir adalah salah satu tindakan efektif yang penting dilakukan oleh semua orang. Hal sederhana ini adalah tindakan paling dasar untuk melindungi diri dari berbagai penyakit. Sebab, tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling aktif yang berpotensi paling tinggi “dihinggapi” kuman, bakteri, atau bahkan virus penyebab penyakit.

2. Jaga Pola Hidup Sehat

 

Dikutip dari berbagai sumber, kondisi tubuh yang tidak sehat, memiliki penyakit kronis dan sejenisnya akan lebih mudah “dikalahkan” oleh Virus Corona ini. Untuk itu, penting bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat baik dari kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat hingga menjaga kebersihan.

3. Perbanyak Makanan Bernutrisi dan Mengandung Vitamin C

 

Konsumsi makanan sehat adalah salah satu bagian dari pola hidup sehat. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga dianjurkan untuk memperkuat kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

4. Berolahraga Secara Teratur

 

Olahraga adalah kegiatan fisik yang penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga secara teratur dapat dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid-19. Namun demikian, olahraga mandiri seperti lari, senam dan lainnya yang dapat dilakukan sendiri-sendiri adalah tindakan yang dianjurkan. Jangan berolahraga dengan pola tim yang dilakukan oleh banyak orang untuk menghindari terjadinya kontak fisik.

5. Hindari Keramaian dan Jaga Jarak Fisik 1,5 Meter

 

Sebagai bentuk perwujudan sosial distancing, menghindari keramaian adalah upaya yang dianjurkan saat ini. Menjaga kontak fisik dan menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain adalah salah satu tindakan yang berhubungan dengan physical distancing. Hal ini penting diperhatikan mengingat penularan Covid-19 terjadi dengan adanya kontak fisik tersebut. Berdiam diri dirumah, mengurangi aktivitas diluar rumah ketika tidak ada hal yang sangat penting terlebih yang menimbulkan kerumunan adalah salah satu pilihan yang paling tepat dilakukan saat ini.

6. Hindari Kunjungan Wilayah/Negara Terinfeksi

 

Belakangan ini, berbagai media banyak memberitakan tentang peta penyebaran Covid-19 baik di negara-negara di dunia maupun wilayah-wilayah di Indonesia. Namun pastikan informasi yang Anda dapatkan dari sumber yang akurat, website resmi Pemerintah atau website khusus yang dibentuk oleh Pemerintah adalah referensi yang paling tepat untuk mengetahui hal ini. Kunjungan yang tidak penting ke daerah-daerah tersebut hendaknya dihindari.

7. Gunakan Masker Bilamana Beraktifitas Diluar Rumah

 

Apabila ada hal yang sangat penting yang mengharuskan untuk beraktifitas diluar rumah, jangan lupa kenakan masker untuk melindungi diri. Penggunaan masker bukan hanya untuk orang yang sedang sakit, melainkan juga untuk orang yang sehat. Dengan menggunakan masker, dapat meminimalkan kemungkinan menghirup virus penyebab penyakit.

8. Terus Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

Selain melakukan tindakan-tindakan nyata tersebut, teruslah berdoa kepada Tuhan agar senantiasa memberikan keselamatan kepada umatnya. Berdoa secara mandiri lebih tepat dilakukan, hindari mendatangi tempat suci dengan beramai-ramai.

Upaya-upaya diatas hanya dapat dilakukan apabila timbul kesadaran dari setiap orang. Pemerintah dengan berbagai upayanya telah berusaha semaksimal mungkin, kesadaran masyarakat untuk ikut serta berperang melawan Virus Corona dengan tindakan-tindakan seperti diatas juga mesti dibiasakan.

Tetap tenang, jangan panik, namun tetap waspada. Berpikirlah positif, bahwa pandemi ini akan segera berlalu dengan upaya kita bersama untuk mencegah penularannya.

Komentar atas Mari Cegah Penularan Covid-19, Berikut 8 Tindakan yang Penting Diperhatikan!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar