Waspada Virus Corona, Posko Penanganan Covid-19 Terpadu Desa Sepang Tekankan PHBS

Operator: I Gede Prawira Santosa 03 April 2020 13:31:05 WITA

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu tindakan efektif untuk menghindarkan diri dari penyakit, salah satunya Virus Corona yang menjadi pandemi di dunia saat ini. Tindakan pencegahan tersebut dinilai sebagai salah satu upaya untuk setidaknya membersihkan diri dari kotoran, bakteri, kuman bahkan virus yang menempel di tubuh. Selain Social Distanting dan Pysical Distancing, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan sampai Pemerintah Desa sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan PHBS tersebut. Tidak terkecuali Pemerintah Desa Sepang melalui Posko Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Terpadu Desa Sepang.

Salah satu tindakan PHBS yang dianjurkan adalah mencuci tangan dengan sabun secara teratur. Dalam mencuci tangan dengan sabun, hendaknya memperhatikan juga langkah-langkah cuci tangan yang baik meliputi telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, ibu jari dan kuku. Selain itu, pastikan mencuci tangan pada air yang mengalir. Partikel-partikel sabun diyakini akan mampu membunuh virus yang kemudian ikut larut dalam aliran air tersebut.

Tindakan penting selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah etika bersin dan batuk terlebih ketika seseorang sedang sakit. Etika bersin dan batuk yang benar yaitu menutup hidung dan mulut menggunakan tissue atau lengan. Namun pastikan membuang tissue tersebut ke tempat sampah dan cuci tangan denggan sabun segera. Bila kesulitan air, dapat juga menyemprotkan hand sanitizer dan mengusapkannya secara merata ke seluruh bagian tangan. Ada baiknya, gunakan masker saat sedang sakit untuk meminimalkan resiko menularkan penyakit kepada orang sekitar. Etika batuk dan bersin ini dipandang penting untuk dilakukan, sebab partikel-partikel kecil yang dikeluarkan saat batuk atau bersin dapat dengan mudah terbang di udara yang kemudian bisa saja menempel di bagian tubuh orang lain atau menghirupnya langsung.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga mencakup tindakan seseorang untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan apabila sakit. Biasakan jangan menunda-nunda waktu untuk berobat. Dengan demikian, resiko untuk terjangkit penyakit yang lebih serius menjadi lebih kecil.

Sebagai perwujudan Sosial Distancing yang kemudian lebih ditingkatkan menjadi Pysical Distancing, membatasi diri untuk kontak langsung dengan orang lain menjadi hal penting dilakukan saat ini. Berdiam diri di rumah merupakan pilihan yang paling tepat apabila tidak ada hal yang sangat penting untuk dilakukan di luar rumah. Namun demikian, apabila situasi mengharuskan untuk beraktifitas di luar rumah, pastikan diri untuk menghindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang lain terlebih kepada orang yang sedang demam, batuk, pilek atau sesak nafas.

Cara mengkonsumsi makanan juga berkaitan dengan tindakan PHBS yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini, pastikan mengkonsumsi makanan yang matang. Sebab, makanan mentah berpotensi lebih tinggi dihinggapi bakteri atau virus. Dengan memasak hingga matang sempurna, bakteri atau virus akan mati seiring suhu panas yang dipancarkan saat memasak.

Terakhir, biasakan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan baik terlebih pada tempat-tempat yang lembab. Biasanya, kondisi lembab menjadi tempat ideal bagi bakteri atau virus. Beberapa tindakan dalam kebersihan lingkungan diantaranya dapat dilakukan dengan membuang sampah pada tempatnya, menyapu halaman rumah, membersihkan selokan, dan sejenisnya.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini patut dibangun mulai dari diri sendiri. Menumbuhkan kesadaran untuk bersama-sama berperang melawan Virus Corona melalui upaya-upaya yang dianjurkan Pemerintah adalah cara terbaik sebagai bentuk kepedulian kepada diri sendiri, orang lain bahkan dunia. Selalu ikuti himbauan, arahan dan protokol pencegahan dari Pemerintah guna memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Komentar atas Waspada Virus Corona, Posko Penanganan Covid-19 Terpadu Desa Sepang Tekankan PHBS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar