Persiapan Usulan Perencanaan Tahun 2021, BAPPEDA Bekali Operator Desa Mantapkan SIPPEDA

Operator: I Gede Prawira Santosa 19 November 2019 14:13:19 WITA

Dalam rangka penguatan SDM Aparatur Perencanaan baik pada Operator Desa maupun Operator Kecamatan untuk persiapan usulan perencanaan tahun 2021, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA Litbang) Kabupaten Buleleng membekali para Operator Desa dan Kecamatan guna memantapkan pengoperasian Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPEDA).

Di Kecamatan Busungbiu, kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Kantor Camat Busungbiu, Selasa (19/11). Dalam kesempatan itu, Camat Busungbiu, I Gede Putra Aryana, S.Sos. MAP. didampingi Kasi Pembangunan Kantor Camat Busungbiu, I Putu Edy Sutrisna, S.Kom. membuka secara resmi acara tersebut. Adapun hadir sebagai narasumber yakni Sekretaris BAPPEDA Litbang Kabupaten Buleleng, Ir. Putu Gde Yasa bersama tim. Sementara itu, dari Desa Sepang hadir Operator Desa, I Gede Prawira Santosa.

Dalam hal ini, narasumber menjelaskan mengenai teknis input SIPPEDA yang menjadi “rumah” bagi usulan-usulan DU-RKP masing-masing desa yang diperoleh dari hasil Musrenbangdesa. Nantinya, usulan ini sendiri akan dibahas secara berjenjang baik dalam Musrenbang Kecamatan maupun Musrenbang Kabupaten.

Ir. Putu Gde Yasa menggarisbawahi bahwasanya aplikasi yang dapat diakses melalui Internet Explorer ini sangat bermanfaat dalam rangka menciptakan pola kerja yang lebih cepat, akurat dan lebih baik serta dapat dipertanggungjawabkan dalam kaitannya dengan usulan Musrenbang tersebut. Guna dapat dipertanggungjawabkan, pihaknya menekankan agar input usulan pada aplikasi SIPPEDA benar-benar bersumber dari dokumen berita acara hasil Musrenbangdesa.

Sebagai informasi, untuk tahun 2021 mendatang Desa Sepang mengusulkan beberapa kegiatan yang dibagi dalam tiga bidang yakni Bidang Fisik, Bidang Ekonomi dan Bidang Sosial Budaya. Pada Bidang Fisik terdapat usulan perbaikan saluran air (drainase), usulan bedah/rehab rumah, dan usulan pemeliharaan Jalan Kabupaten. Di Bidang Ekonomi terdapat usulan pengadaan mesin palper, pengadaan unit pengelolaan pupuk organik, pelatihan hidroponik untuk petani milenial, pengadaan benih kopi Robusta, serta pelatihan merias untuk PKK. Sementara itu, pada Bidang Sosial Budaya, Desa Sepang mengusulkan pelatihan Sekaa Santi, pelatihan Seni Topeng dan usulan meningkatkan kreatifitas penabuh.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar