4 Data dan Fakta Hasil Pemilihan Perbekel Sepang Periode 2019-2025

Operator: I Gede Prawira Santosa 01 November 2019 14:42:29 WITA

Selama lebih dari tujuh bulan Panitia Pemilihan Perbekel Sepang Periode 2019-2025 berjibaku menyelenggarakan Pemilihan Perbekel di Desa Sepang. Sampai dengan tahapan Pleno Penghitungan Suara dan Penetapan Calon Perbekel Terpilih, Jumat (01/11) secara umum penyelenggaraan Pilkel Sepang berlangsung lancar dan kondusif. Dengan demikian, tugas Panitia Pilkel Sepang hanya menyisakan beberapa tahapan lagi sebelum dibubarkan pada akhir Desember mendatang.

Berikut ini kami merangkum 4 data dan fakta terkait hasil Pilkel Sepang Periode 2019-2025 :

 

1. Kehadiran Pemilih ke TPS Cenderung Menurun dari Dua Edisi Pemilihan Sebelumnya

Sejumlah 2.232 pemilih menggunakan hak pilihnya pada Pilkel Sepang tahun ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.178 pemilih yang hadir merupakan yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berjumlah 3.843 pemilih, sementara sisanya hadir dengan menggunakan KTP dan pemilih pindahan dari TPS lain. Jumlah pemilih DPT yang hadir setara 56,67%. Itu artinya 43,33% atau hampir setengah dari pemilik hak suara tidak menentukan sikap atau “golput”.

Angka kehadiran pemilih ke TPS cenderung menurun dari dua edisi pemilihan sebelumnya. Sebagai perbandingan pada Pemilu Serentak bulan April lalu, kedatangan pemilih ke TPS mencapai 71,21% dari jumlah DPT. Sedangkan pada Pemilihan Anggota BPD yang juga terselenggara pada bulan yang sama, jumlah kehadiran pemilih ke TPS menyentuh angka 65,65%, dengan rincian 70,83% kehadiran pemilih pada wilayah pemilihan keterwakilan wilayah dan 44,07% kehadiran pemilih pada wilayah pemilihan keterwakilan perempuan.

 

2. Pemenang Pilkel Raup 48,79% Suara dari Jumlah Pemilih yang Hadir ke TPS

Dari jumlah 2.232 pemilih yang menggunakan hak pilihnya, Calon Perbekel terpilih yakni Calon Perbekel nomor urut 2 atas nama I Putu Agung Mahardika meraup 1.089 suara atau 48,79%. Jumlah tersebut sudah cukup untuk menempatkan dirinya sebagai pemenang Pilkel di Desa Sepang.

Adapun Calon Perbekel nomor urut 1 atas nama Drs. I Putu Sudaratmaja, M.Pd. berhasil mengumpulkan 478 suara (33,51%) atau terpaut 341 suara dari pemenang Pilkel. Sedangkan Calon Perbekel nomor urut 3 atas nama Komang Tapa Yasa memperoleh 383 suara (17,16%). Dan sejumlah 12 suara (0,54%) dinyatakan tidak sah.

 

3. Calon Incumbent Sebagai Pemenang Pilkel

I Putu Agung Mahardika merupakan calon incumbent yang memenangkan Pemilihan Perbekel di Desa Sepang. Adapun pesaingnya Drs. I Putu Sudaratmaja, M.Pd. terakhir kali menjabat Ketua BPD Sepang, dan Komang Tapa Yasa merupakan new comers yang aktif di Desa Adat Sepang.

 

4. Pilkel Sepang Berlangsung Aman

Penyelenggaraan Pemilihan Perbekel di Desa Sepang berlangsung aman. Sejak pencalonan hingga pencoblosan dan pleno penetapan Calon Perbekel terpilih, situasi politik Pilkel Sepang tergolong kondusif. Hal ini nampak dari para pendukung masing-masing calon dan Calon Perbekel itu sendiri. Terbaru, saat penyampaian tanggapan hasil penghitungan suara, Calon Perbekel nomor urut 1 dan nomor urut 3 memberikan statement “teduh” terhadap hasil Pilkel. Ini menandakan kegiatan demokrasi di Desa Sepang telah berjalan dengan baik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar