Subsidi Ngaben Masal Cair, Anggaran Rp 100 Juta Dibagi Rata

Operator: I Gede Prawira Santosa 17 Juli 2019 11:01:03 WITA

Sebagaimana perencanaan subsidi Ngaben Masal tahun 2019, dimana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Sepang telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 100 Juta yang diberikan kepada peserta Ngaben Masal di Desa Sepang. Sebelumnya, perencanaan tersebut telah lebih dahulu dikoordinasikan dengan stakeholders yang ada di desa pada bulan Desember tahun lalu.

Selengkapnya : APBDesa Sepang Akan Alokasikan Rp 100 Juta untuk Subsidi Ngaben Masal Tahun 2019

Realisasinya, pada tahun 2019 ini di Desa Sepang telah diselenggarakan Upacara Ngaben Masal pada tiga lokasi di dua waktu berbeda. Untuk peserta dari Desa Sepang, pada tanggal 31 Januari 2019 lalu, Upacara Ngaben Masal diikuti oleh 19 Sawa dan 7 Ngeroras. Sedangkan Ngaben Masal tanggal 7 Juli 2019 diikuti oleh 58 Sawa dan 4 Ngeroras, adapun di Banjar Adat Kerobokan pada tanggal yang sama diikuti oleh 18 Sawa. Dengan demikian, terdapat 95 Sawa dan 11 Ngeroras yang menjadi peserta Ngaben Masal tahun ini.

Menyikapi anggaran yang ada, Pemerintah Desa Sepang telah merealisasikan subsidi tersebut dengan memperhatikan aspek pemerataan, dimana besaran subsidi yang diberikan senilai Rp 985.000 per Sawa dan Rp 492.000 per Ngeroras. Sedangkan untuk Meajar-Ajar sendiri secara global disubsidi sebesar Rp 1.013.000.

Dalam pencairannya, subsidi untuk Ngaben Masal tanggal 7 Juli lalu yang bertempat di Gedung Serba Guna Desa Sepang dan Balai Banjar Adat Kerobokan telah diserahkan kepada masing-masing panitia. Sedangkan subsidi Ngaben Masal pada 31 Januari 2019 sedang dicairkan secara berangsur-angsur dengan menunggu penanggungjawab masing-masing peserta untuk hadir di Kantor Perbekel Sepang. Subsidi Ngaben Masal di Desa Sepang tahun 2019 ini diharapkan mampu meringankan beban Krama dalam biaya yang dikeluarkan untuk upacara tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar