Sistem Informasi Desa, Transparansi dan Kemudahan Pengelolaan Web Desa

Operator: I Gede Prawira Santosa 25 Mei 2018 10:02:01 WITA

Penyampaian informasi desa yang akurat, aktual dan dapat diakses dengan mudah nampaknya menjadi kebutuhan publik di era modern ini. Hal tersebut nampaknya akan segera dapat diakses oleh masyarakat Desa Sepang beberapa bulan kedepan. Pasalnya pengelolaan website desa ini sedang menjadi salah satu fokus program Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng yang mengadakan pelatihan pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID) bekerja sama dengan Yayasan MBM di Ruang Rapat Lantai II Gedung Unit IV Setda Kabupaten Buleleng selama 3 hari yang berakhir Rabu (23/05) kemarin.

 

Sebanyak total 72 Desa yang berada di kawasan Kabupeten Buleleng ikut andil dalam pelatihan kali ini, tidak terkecuali Desa Sepang. Desa yang ada di wilayah kecamatan Busungbiu ini diwakili oleh Staf Operator I Gede Prawira Santosa yang menurut keterangannya merasa sangat senang dan tertantang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pria 24 tahun itu digenjot dengan berbagai materi yang diantaranya : Instalasi Aplikasi SID, Latihan Dasar Pengoperasian SID, Latihan Pengelolaan SID dan Latihan Pemahaman serta Pembuatan Berita dengan konsep Jurnalisme Warga.

Ia mengaku bahwa Aplikasi SID kedepannya akan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat desa Sepang khususnya untuk dapat mengetahui secara langsung kegiatan-kegiatan yang ada di Desa melalui Website Resmi Desa Sepang :  sepang-buleleng.desa.id . Disamping itu, keberadaan SID akan membuka transparansi kinerja Pemerintah Desa Sepang diantaranya masyarakat akan dengan mudah mencari informasi mengenai APBDesa, Perubahan APBDesa dan Realisasi APBDesa yang akan diupload secara berkala. Selain itu, kemudahan memperoleh statistik data desa juga menjadi poin penting. Dalam hal ini, netizen atau masyarakat desa akan dapat mengetahui perkembangan kependudukan desa setiap saat.

Bentuk transparansi lainnya menurut Gede, adalah bahwa masyarakat akan dapat mengajukan komentar mengenai setiap berita yang diupload, komentar yang dimaksud berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap isi berita, program atau kegiatan. Dengan komentar yang menjadi kritik atau masukan masyarakat, setidaknya menjadi bahan pertimbangan Pemerintah Desa untuk menjalankan kepentingan-kepentingan masyarakat dan desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia juga berharap, semoga kedepannya Sistem Informasi Desa ini dapat menjadi media informasi yang baik dan sesuai dengan harapan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng guna memberikan informasi kepada masyarakat desa. 

Komentar atas Sistem Informasi Desa, Transparansi dan Kemudahan Pengelolaan Web Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar