Harmonisasi Manusia dengan Alam, Upacara Mecaru di Jalan Rabat Beton Sepang-Pangkung Sapi

Operator: I Gede Prawira Santosa 17 Juni 2019 15:27:56 WITA

Setelah tuntasnya kegiatan Pembangunan Jalan Usaha Tani pada proyek jalan rabat beton Sepang-Pangkung Sapi beberapa pekan lalu, dilaksanakan upacara Bhuta Yadnya (Mecaru) di areal jalan tersebut pada Purnama Sadha, Senin (17/06) siang.

Upacara Mecaru Ayam Brumbun tersebut pada prinsipnya diselenggarakan untuk menjaga keharmonisan antara manusia dengan alam, terlebih dalam rangka untuk “membersihkan” jalan baru yang nantinya menjadi akses transportasi para pengguna jalan. Hal tersebut menurut keyakinan umat Hindu di Bali pada hakikatnya guna merawat lima unsur alam yakni tanah, air, udara, api dan ether.

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri pula oleh Perbekel Sepang I Putu Agung Mahardika didampingi perangkat desa yang meliputi PKA, Kaur Perencanaan dan Ketua TPK. Selain itu nampak hadir pula Bhabinkamtibmas Desa Sepang serta para pengguna jalan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada tahun ini proyek jalan rabat beton Sepang-Pangkung Sapi mendapatkan anggaran yang bersumber dari Dana Desa dengan target volume pekerjaan rabat beton yang dihasilkan mencapai 42 m2.

Selengkapnya dapat dibaca di : 1 dari 7 Kegiatan di Banjar Sepang, Diawali Pembangunan Jalan Rabat Beton Menuju Pangkung Sapi

Komentar atas Harmonisasi Manusia dengan Alam, Upacara Mecaru di Jalan Rabat Beton Sepang-Pangkung Sapi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar