Pemutakhiran Data IDM Tahun 2019, Desa Sepang Peroleh Status Desa Berkembang

Operator: I Gede Prawira Santosa 14 Juni 2019 10:56:31 WITA

Dalam rangka melaksanakan Permendesa Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun, serta mendukung perhitungan pagu alokasi afirmasi yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan dalam rangka perhitungan Dana Desa, perlu dilakukan pemutakhiran status desa. Berkaitan hal tersebut, selama bulan Mei hingga awal Juni tahun ini di Desa Sepang telah dilakukan pengukuran Indeks Desa Membangun Tahun 2019 yang dalam hal ini meliputi pengisian Kuisioner Pemutakhiran IDM hingga proses infut kedalam form pengisian.

Kegiatan ini dilakukan oleh Staf Operator Pemerintah Desa Sepang dibawah bimbingan Pendamping Desa dengan mengambil data dari Profil Desa Sepang serta beberapa pihak terkait termasuk diantaranya Bidan Desa. Adapun data-data yang diperlukan yakni berkaitan dengan Ketahanan Sosial yang diantaranya meliputi pendidikan, kesehatan, modal sosial dan permukiman; Ketahanan Ekonomi yang meliputi keragaman produksi masyarakat, akses pusat perdagangan dan pasar, akses logistik, akses perbankan dan kredit dan keterbukaan wilayah; serta Ketahanan Ekologi yang meliputi kualitas lingkungan, bencana alam dan tanggap bencana.

Setelah dilaksanakannya pemutakhiran tersebut, Desa Sepang yang merupakan salah satu desa di wilayah Kabupaten Buleleng ini memperoleh status Desa Berkembang. Dimana memperoleh hasil nilai IKS 0.7429, IKE 0.5000, IKL 0.7333 dan akumulasi IDM 0.6587. Status ini cenderung stagnan dari status pada tahun 2017 yang juga memperoleh status yang sama dengan perolehan nilai IDM 0.6563.

Adapun beberapa indikator yang kurang di Desa Sepang diantaranya adalah akses jamban, pembuangan sampah, akses POS dan logistik, ketiadaan bank dan BPR, transportasi umum, ketiadaan pasar, lembaga kursus, dan keberadaan dokter praktik.

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL). Perangkat indikator yang dikembangkan dalam Indeks Desa Membangun berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan dimana aspek sosial, ekonomi dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa untuk mensejahterakan kehidupan desa. Kebijakan dan aktifitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa harus memperhatikan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan. Dalam konteks ini ketahanan sosial, ekonomi dan ekologi bekerja sebagai dimensi yang memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa. Indeks Desa Membangun mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah desa yaitu tipologi dan modal sosial. (SOP Pengukuran IDM Tahun 2019)

Komentar atas Pemutakhiran Data IDM Tahun 2019, Desa Sepang Peroleh Status Desa Berkembang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar