Sosialisasi Penanganan Konflik Sosial, Pelunya Koordinasi yang Baik Antar Masyarakat dan Pemerintah

Operator: I Gede Prawira Santosa 13 Mei 2019 18:05:32 WITA

Guna memberikan pemahaman terkait pencegahan konflik sosial, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng menyelenggarakan acara sosialisasi tersebut yang dipusatkan di Ruang Rapat Kantor Camat Busungbiu, Senin (13/05).

Perbekel Sepang I Putu Agung Mahardika hadir dalam kesempatan tersebut sebagai peserta sosialisasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Busungbiu, Perbekel dan Kelian Desa Pakraman se-Kecamatan Busungbiu dan anggota Pol-PP Kecamatan Busungbiu.

Adapun hadir sebagai narasumber adalah Plt. Kesbangpol Kabupaten Buleleng Drs. Komang Sumertajaya, Kasat Linmas Polres Buleleng Ketut Widiasa, SH. dan Kejaksaan Negeri Singaraja yang didampingi Sekretaris Camat Busungbiu I Ketut Suastika, S.Sos.

Bahawasanya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial, pihak Kesbangpol mengharapkan adanya koordinasi yang baik antara tokoh masyarakat dan pemerintah guna menekan kejadian konflik sosial dari kegiatan yang terjadi di masyarakat. Selain itu, koordinasi dengan aparat keamanan khususnya TNI dan pihak Kepolisian juga dinilai sangat penting.

Sebagaimana dimuat dalam UU No 7 Tahun 2012, Konflik Sosial didefinisikan sebagai perseteruan dan/atau benturan fisik dengan kekerasan antara dua kelompok masyarakat atau lebih yang berlangsung dalam waktu tertentu dan berdampak luas yang mengakibatkan ketidakamanan dan disintegrasi sosial sehingga mengganggu stabilitas nasional dan menghambat pembangunan nasional. Oleh sebab itu, sosialisasi ini dirasa sangat penting guna dapat mencegah terjadinya konflik sosial tersebut.

 

Sumber Foto : https://busungbiu.bulelengkab.go.id/

 

Untuk dapat mendownload Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial, silahkan klik lampiran berikut :

Dokumen Lampiran : UU No. 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar