Pemeringkatan Pengelolaan Website, Disdukcapil & Bagian Humas dan Protokol Berbagi Tips dan Trik

Operator: I Gede Prawira Santosa 08 Mei 2019 15:32:07 WITA

Guna memotivasi SKPD dan Desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk memaksimalkan konten yang ditampilkan pada website masing-masing, tahun ini akan diselenggarakan kembali pemeringkatan pengelolaan website bagi SKPD dan website SID Desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Layanan e-Government Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng dalam acara Rapat Kerja Pengelolaan Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng Tahun 2019 di Gedung Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Rabu (08/05) yang dihadiri oleh operator website dari instansi SKPD lingkup Pemkab Buleleng, lingkup Setda Kabupaten Buleleng, Kecamatan dan 20 pengelola website desa.

Dalam hal pemeringkatan tersebut, pihaknya menggarisbawahi bahwasanya yang menjadi dasar nilai pemeringkatan untuk SKPD meliputi postingan berita, artikel, data, pengumuman, agenda, galeri foto, video, banner dan header serta jumlah pengunjung website. Sedangkan untuk website desa hanya dinilai dari segi kuantitas berita yang diupload dan jumlah pengunjung.

Namun demikian, dalam paparannya disampaikan pula beberapa evaluasi pengelolaan konten website di lingkup Pemkab Buleleng yang diantaranya adalah mengenai masih ditemukannya beberapa konten berita yang belum memenuhi unsur 5W+1H sebagaimana konsep dasar pembuatan berita. Selain itu, penempatan konten yang belum sesuai, dan masih adanya beberapa web SKPD dan desa yang belum maksimal dalam pengelolaan kontenntya juga turut menjadi bahan evaluasi.

Sebagaimana keberhasilan instansi di lingkup Pemkab Buleleng dalam mengelola website nya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng yang pada tahun lalu berhasil mendapat predikat enam besar terbaik pengelolaan website, diberikan kesempatan untuk memberikan testimoni serta tips dan trik pengelolaan website yang baik.

Dalam testimoni yang dibawakan oleh Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Buleleng Drs. Dewa Ketut Mudita memaparkan trik-trik dalam mengelola website yang diantaranya adalah menunjuk petugas khusus dalam mengelola website sehingga fokus dalam tugasnya, mengawasi kinerja operator serta memberikan dukungan dan support dalam menjalankan tugasnya, dan memberikan informasi atau upload berita secepat mungkin sehingga pengguna informasi publik dapat mengetahui secara up to date tentang kegiatan yang ada.

Sementara itu Kasubag Dokumentasi Informasi, Kadek Dami, S.E dari Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng dalam paparannya mengulas tips pengelolaan media yang baik yakni memberikan postingan yang informative dan tidak menyesatkan, melakukan feedback terhadap komentar yang masuk ke dalam postingan, sering melakukan upload konten di Facebook, Web, Instagram dan media sosial lainnya, selalu upload konten yang up to date dan memberikan banyak hastag sesuai dengan postingan yang ada.

Pemeringkatan pengelolaan website bagi SKPD dan website desa tahun 2019 ini sendiri dihitung pada periode bulan Januari sampai dengan Agustus 2019.

 

Berita Terkait :
Rapat Kerja Pengelolaan Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng Tahun 2019

Komentar atas Pemeringkatan Pengelolaan Website, Disdukcapil & Bagian Humas dan Protokol Berbagi Tips dan Trik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar