Apa Itu Bansos Rastra? Yuk Cari Tahu Selengkapnya Disini!

Operator: I Gede Prawira Santosa 28 Februari 2019 12:31:34 WITA

Bantuan Sosial Beras Sejahtera yang selanjutnya disebut Bansos Rastra adalah Bantuan Sosial yang disalurkan oleh Pemerintah kepada KPM dalam bentuk beras dan disalurkan setiap bulannya. Penerima Bansos Rastra sendiri dipersyaratkan sebagai KPM yang tercantum dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin.

Dengan diturunkannya Bansos Rastra kepada masyarakat miskin, Pemerintah berharap agar Bansos dalam bentuk beras masing-masing paling sedikit 10 kilogram per KPM ini dapat mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian khusus kebutuhan di sektor pangan dalam jangka waktu tertentu tanpa dikenakan biaya tebus.

Artikel Terkait : Sebanyak 3.150 Kg Bansos Rastra Bulan Februari 2019 Tiba di Desa Sepang

Program ini sejatinya merupakan kebijakan Pemerintah dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program, Beras Sejahtera diamanatkan agar dapat bertransformasi dari pola subsidi menjadi pola bantuan sosial (pangan).

Dengan hal tersebut diharapkan menghasilkan beberapa manfaat diantaranya: dapat meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM Bansos Rastra sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, serta dapat meningkatkan akses pangan untuk KPM Bansos Rastra dengan tersedianya beras di titik distribusi yang disalurkan tanpa dikenakan biaya kepada KPM Bansos Rastra.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Bansos Rastra, silahkan klik/download lampiran dibawah ini :

Dokumen Lampiran : Info Bansos Rastra


Komentar atas Apa Itu Bansos Rastra? Yuk Cari Tahu Selengkapnya Disini!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar