Hari Ketiga Piodal Pura Dalem Sepang, Persembahyangan Perangkat Desa dan Ketertiban Para Pemedek

Operator: I Gede Prawira Santosa 21 Februari 2019 12:32:07 WITA

Anggara Kliwon atau Anggara Kasih Wuku Tambir adalah peringatan Piodal di Pura Dalem Sepang. Rangkaian Piodal dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada Selasa (19/02) lalu dan akan berakhir pada Kamis (21/02).

Pada hari ketiga ini, nampak Perangkat Desa Sepang melakukan persembahyangan berbaur dengan para pemedek lainnya. Adalah banten pejati yang dihaturkan seiring cakupan tangan memohon keselamatan kepada Sang Hyang Widhi Wasa yang berstana di Pura Dalem.

Pura Dalem Sepang terletak tidak jauh dari Kantor Perbekel Sepang, jaraknya hanya kurang dari 50 meter sebelah barat Kantor Perbekel. Berada di pusat desa, kerapkali pemedek yang tangkil setiap kali piodal membludak.

Namun demikian, ada pemandangan positif dari piodal kali ini. Adalah ketertiban para pemedek yang diarahkan oleh panitia. Nampak setiap kali selesai persembahyangan, panitia senantiasa mengingatkan agar pemedek memungut sampah sisa persembahyangan meliputi dupa, bunga atau canang untuk kemudian dibuang ditempat yang telah disediakan. Menanggapi hal itu, para pemedek pun dengan penuh kesadaran mengikuti arahan tersebut.

Hal ini setidaknya menjadi kebiasaan positif yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya. Sebagaimana diketahui bersama, sampah sisa persembahyangan seringkali menumpuk dan berhamburan di halaman Pura. Akan tetapi, kesadaran yang telah dan mulai muncul dari panitia maupun pemedek memberikan filosofi tersendiri bahwasanya wujud bhakti terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa tidak hanya dapat dilaksanakan melalui persembahyangan semata, namun menjaga kebersihan Pura juga menjadi salah satu diantaranya.

Komentar atas Hari Ketiga Piodal Pura Dalem Sepang, Persembahyangan Perangkat Desa dan Ketertiban Para Pemedek

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar