Hujan Lebat Akhir Januari 2019, BMKG Himbau Masyarakat Agar Waspada dan Siaga

Operator: I Gede Prawira Santosa 23 Januari 2019 09:38:30 WITA

Meningkatnya curah hujan disebagian besar wilayah Indonesia belakangan ini berdampak pada timbulnya potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, pohon tumbang dan sebagainya. Untuk itu diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian serta mengetahui prakiraan cuaca agar dapat meminimalisir kerugian material dan korban jika terjadi bencana tersebut.

Tidak jauh berbeda dengan keadaan cuaca nasional, curah hujan di Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng juga tergolong tinggi. Tidak jarang, hujan turun dari pagi hingga malam hari sehingga dapat mengganggu aktifitas perekonomian warga yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani/pekebun. Kabar baiknya, di desa dengan wilayah berbukit ini, tidak terjadi bencana alam yang mengkhawatirkan. Meski demikian, rasa waspada dan siap siaga menghadapi bencana yang tidak dapat ditebak juga perlu dipersiapkan.

Dikutip dari http://www.bmkg.go.id/  pada tanggal 22 Januari 2019, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan Siaran Pers terkait himbauan waspada hujan lebat akhir Januari 2019 yang berpotensi bencana Hidrometeorologi di beberapa wilayah 23-30 Januari 2019.

Selengkapnya : Waspada Hujan Lebat Akhir Januari 2019

BMKG menjelaskan daerah yang potensi hujan lebat pada periode 23-26 Januari 2019 meliputi Aceh, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan untuk periode 27-30 Januari 2019 meliputi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Tidak hanya hujan lebat, beberapa potensi bencana lainnya juga disampaikan diantaranya angin kencang yang dapat mencapai diatas 25 knot terjadi di wilayah Indonesia seperti Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Terhadap potensi tersebut, BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan dari curah hujan tinggi dan angina kencang yang akan terjadi pada akhir Januari 2019 ini. Masyarakat juga dihimbau agar tetap memperbarui informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik.

 

Sumber informasi : http://www.bmkg.go.id/
Sumber gambar : http://balai3.denpasar.bmkg.go.id/

Komentar atas Hujan Lebat Akhir Januari 2019, BMKG Himbau Masyarakat Agar Waspada dan Siaga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar