Bimtek Aplikasi SIAK, Kadis Dukcapil Kabupaten Buleleng Tekankan Kesadaran Administrasi Kependudukan

Operator: I Gede Prawira Santosa 11 Desember 2018 19:51:50 WITA

Guna memperdalam pengelolaan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (SIAK) bagi aparatur Desa/Kelurahan se-Kabupaten Buleleng,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng menyelenggarakan bimbingan teknis dimaksud kepada Operator Desa/Kelurahan yang bertempat di Hotel Aneka Lovina, Selasa (11/12).

Acara ini merupakan gelombang kedua yang diselenggarakan dengan mengundang Operator Desa/Operator SIAK di 74 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Buleleng,  yang mana pada gelombang pertama yang terselenggara tahun 2017 lalu juga diadakan acara serupa. Dengan demikian, seluruh Desa/Kelurahan se-Kabupaten Buleleng telah dibekali ilmu pengelolaan aplikasi pelayanan publik ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos secara resmi membuka acara tersebut. Dalam sambutan pembukaannya, Kadis mengungkapkan bahwasanya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil diseluruh Indonesia telah berkomitmen untuk meningkatkan kwalitas pelayanan publik, salah satunya melalui aplikasi SIAK ini. Akan tetapi pihaknya menyadari pula beberapa hambatan yang dihadapi sehingga beberapa program tidak berjalan dengan sempurna. Beberapa hambatan yang disinggung Kadis diantaranya mengenai KTP tercecer, Operasi Tangkap Tangan (OTT) serta kasus penjualan KTP secara online. 

Selanjutnya, Ibu Kadis yang juga pernah menjadi seorang Camat ini menekankan agar masyarakat serta aparatur pemerintahan dari tingkat desa dan kelurahan harus sadar betapa pentingnya data kependudukan tersebut. Ia bahkan menyebutkan bahwa dokumen kependudukan harus dimiliki oleh setiap individu, karena dokumen ini merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Karenanya, data kependudukan Kementrian Dalam Negeri yang bersumber dari data kependudukan masing-masing Kabupaten/Kota merupakan satu-satunya data yang dianggap sah yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Acara Bimtek dilanjutkan dengan pemaparan narasumber yang dirangkai dengan diskusi yang berlangsung cukup menarik mengenai aplikasi dimaksud. Dipandu oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng Drs. Dewa Ketut Mudita yang bertindak sebagai moderator, para peserta dibekali berbagai materi yang dibawakan oleh para narasumber. Adalah Kepala Seksi Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Buleleng Ketut Aryawan, ST yang memberikan materi pendalaman pengoperasian aplikasi SIAK, serta Kepala Seksi Keamanan Informasi E-Goverment Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng Nyoman Budarsa, S.Kom yang mengulas lebih dalam mengenai jaringan aplikasi dimaksud. 

Komentar atas Bimtek Aplikasi SIAK, Kadis Dukcapil Kabupaten Buleleng Tekankan Kesadaran Administrasi Kependudukan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar