TP PKK Kota Bogor Study Komparatif Kesrak PKK-KB Kes di Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 30 November 2018 12:28:50 WITA

Keberhasilan TP PKK Desa Sepang meraih penghargaan Pakarti Utama II Tingkat Nasional Pelaksana Terbaik PKK KKBPK-Kesehatan Kategori Kabupaten Tahun 2018 beberapa waktu lalu nampaknya menjadi sebuah perhatian bagi TP.PKK  dari beberapa daerah di Indonesia untuk melakukan study banding dan study komparatif di Desa Sepang.

Setelah sukses menerima kedatangan rombongan study banding dari TP.PKK se-Kabupaten Solok pada 15 Nopember lalu, kini giliran TP PKK Kota Bogor yang melakukan kunjungan serupa. Kegiatan study komparatif yang dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bogor bersama Tim Penggerak PKK Kota Bogor berkaitan dengan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Desa Sepang yang mana acara penyambutannya dilaksanakan di Aula Kantor Perbekel Sepang, Jumat (30/11).

Baca Juga :

Tim Penggerak PKK Desa Sepang Terima Penghargaan Pakarti Utama II Tingkat Nasional

TP PKK se-Kabupaten Solok Selatan Study Banding di Desa Sepang

Dalam acara tersebut, rombongan study komparatif yang terdiri dari Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bogor didampingi Sekretaris dan Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bogor, Kasi Ketahanan Keluarga, Balita, Anak Remaja dan Lanjut Usia, PLKB Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat, Ketua TP PKK Kota Bogor bersama Wakil Ketua IV, Ketua Pokja IV dan Anggota TP PKK Kota Bogor, Ketua TP PKK Kecamatan Bogor Utara serta Ketua TP PKK Kelurahan Cimahpar yang kesemuanya itu berjumlah 13 orang tiba di Kantor Perbekel Sepang sekitar pukul 10.00 Wita.

Selanjutnya rombongan disambut oleh Kepala Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Buleleng, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Staf PMD Kabupaten Buleleng, Camat Busungbiu, dan Ketua TP PKK Kecamatan Busungbiu. Selain itu, penyambutan juga dilakukan oleh Aparat Pemerintah Desa Sepang, Ketua dan anggota BPD Sepang, Ketua dan anggota LPM Desa Sepang, TP PKK Desa Sepang dan stakeholders yang ada di Desa Sepang. Sedangkan untuk keamanan sendiri melibatkan Bhabinkamtibmas dibantu LINMAS Desa Sepang.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng yang dibacakan oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra menyampaikan mengenai keberadaan Kabupaten Buleleng yang merupakan Kabupaten terluas dan memiliki garis pantai terpanjang di Provinsi Bali. Sedangkan mengenai keberadaan TP PKK yang ada di wilayahnya, kebanggaan tersemat ketika beberapa perwakilan dari Kabupaten Buleleng mampu berbicara banyak ditingkat nasional. Salah satunya adalah keberhasilan TP PKK Desa Sepang memperoleh penghargaan Pakarti Utama II Tingkat Nasional Pelaksana Terbaik PKK KKBPK-Kesehatan Kategori Kabupaten Tahun 2018. Ia menggarisbawahi bahwa keberhasilan semacam itu merupakan buah kerja keras seluruh masyarakat Buleleng serta terjalinnya kerjasama yang baik dari semua stakeholders yang ada. Harapannya semoga kunjungan ini dapat bermanfaat untuk kemajuan TP PKK Desa Sepang dan TP PKK Kota Bogor.

Sedangkan sambutan selamat datang Perbekel Sepang yang dibacakan oleh Sekretaris Desa Sepang I Gede Sugiartawan mengungkapkan rasa terimakasih yang mendalam atas kehadiran TP PKK Kota Bogor guna melakukan study komparatif di Desa Sepang. Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan semacam ini agar mampu mengikat tali silaturahmi yang baik, serta dapat bertukar informasi dan pengalaman terkait perkembangan TP PKK yang selanjutnya dapat diimplemantasikan di wilayah masing-masing.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Bogor Hj. Yane Bima Arya saat menyampaikan tujuan kedatangan rombongannya bertujuan untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya terkait Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Berencana dan Kesehatan (Kesrak PKK-KB Kes) guna nantinya dapat mengadopsi beberapa strategi yang bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada ibu-ibu PKK. Selain itu dengan nada senyum ia menyampaikan kesan yang mendalam yang diperoleh saat melakukan perjalanan menuju Desa Sepang meskipun melalui rute yang sangat jauh.

Selanjutnya saat sesi tanya jawab, rombongan study komparatif lebih banyak menggali informasi mengenai keberadaan pengolahan ternak kambing. Dimana hasil pengolahan susu kambing yang dilakukan oleh UPPKS yang ada di Desa Sepang telah mampu menghasilkan beberapa produk pangan dan non pangan yang berdampak terhadap perekonomian di Desa Sepang.

Komentar atas TP PKK Kota Bogor Study Komparatif Kesrak PKK-KB Kes di Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar